Diskusi “Eco and Compact Living”: Rumah Berantakan, Anda Kehilangan 20 Menit Setiap Harinya

Bayu Fristanty dari Rapi-Rapi Professional Organizer mendemonstrasikan cara mengatur barang-barang di dalam kontainer plastik agar mudah dicari dan tidak berantakan serta mencegah Anda Kehilangan 20 menit setiap harinya karena mencari barang-barang. (Foto Ria/DepokPos)
Bayu Fristanty dari Rapi-Rapi Professional Organizer mendemonstrasikan cara mengatur barang-barang di dalam kontainer plastik agar mudah dicari dan tidak berantakan serta mencegah Anda Kehilangan 20 menit setiap harinya karena mencari barang-barang. (Foto Ria/DepokPos)

DEPOKPOS – Ciri kehidupan di perkotaan menuntut individu untuk selalu bergerak cepat, aktif dan dinamis setiap harinya. Namun, tak sedikit dari kaum urban perkotaan yang kesulitan menemukan barang-barangnya miliknya sendiri bahkan di dalam rumah mereka sendiri.

Hal seperti itu mungkin dianggap remeh namun tahukah Anda jika Anda sibuk mencari cari barang di rumah Anda maka Anda akan kehilangan 20 menit waktu setiap harinya. Terkesan sepele tapi bagaimana jika dihitung selama satu tahun atau 365 hari? Tak terbayangkan berapa besar jumlah waktu yang Anda buang setiap tahunnya. Padahal waktu tersebut akan lebih efektif jika dialokasikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

BACA JUGA:  Pradi: Perlu Sinergitas untuk Beri Pemahaman Hukum pada Anak Usia Sekolah

Ketidakmampuan dalam mengelola space dan merapikan barang yang kita miliki dalam jangka panjang dapat berdampak tak hanya pada waktu tapi juga keuangan serta kesehatan. Tempat hunian yang berantakan membuat risiko cedera menjadi tinggi dan juga gangguan kesehatan seperti debu dan stress serta adanya hewan pengerat seperti tikus.

“Hunian apartemen jelas menawarkan tantangan baru dalam hidup karena dihadapkan dengan keterbatasan ruang dan butuh solusi cerdas agar setiap ruang dalam apartemen bisa menampung semua barang anda,” ujar Asistant Manager Prajawangsa City Rio Praditya dalam acara bertajuk “Eco and Compact Living” di Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (19/11).

Menurut Bayu Fristanty dari Rapi-Rapi Professional Organizer, terdapat empat trik jitu dalam upaya merapikan konten hunian apartemen. Pertama adalah dengan review dan asses yakni memahami perilaku dan rutinitas kita sehingga dapat memilih ruangan mana yang akan menjadi prioritas untuk dirapikan.

BACA JUGA:  Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-57, Kejari Kota Depok Jadikan Momentum Evaluasi Kinerja

Selanjutnya, kata Bayu, adalah dengan group and sort, yakni menyortir barang-barang yang kits miliki dan kelompokkan sesuai fungsi. Langkah ketiga adalah place it atau berikan tempat yang layak bagi barang yang anda miliki. Misalnya buku maka tempatnya di rak buku.

“Terakhir, maintain atau mempertahankan sistem yang sudah anda jalankan tersebut,” tutur Bayu.

Sementara itu, Rabani Kusuma Putra dari Nimara Architects menuturkan, hidup yang ringkas atau compact harus dapat mengakomodasi mobilitas tinggi kaum urban. Mengadopsi tipologi bangunan secara modern dan fungsional menjadi salah satu upaya mewujudkan hal tersebut.

BACA JUGA:  Kota Depok Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2017 Tingkat Nindya

“Jangan lupa untuk memilih perabotan yang compact agar dapat meminimalisir penggunaan barang dan perbanyak ruang untuk sirkulasi,” papar Rabani yang pernah menangani rumah milik Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto.

Prajawangsa City adalah proyek Superblok terbaru di area Jakarta Timur yang terdiri dari 8 tower dengan jumlah 4000 unit. Prajawangsa City memiliki luas tujuh hektare terletak 1,8 KM dari Jakarta Outer Ring Road (JORR)-TB Simatupang. Prajawangsa City juga berkomitmen untuk membangun 50% area hijau sebagai taman dan tempat bermain anak. (RIA/ DEPOK POS)

Komentar

komentar