Flakka, Narkoba yang Membuat Manusia Menjadi Zombie

DEPOKPOS – Belakangan terakhir ini dunia dihebohkan oleh “Flakka“. Tidak banyak yang mengetahui diluar sana ada jenis narkoba baru bernama flakka yang mendatangkan bahaya bagi penggunanya melebihi bahaya kokain.

Menurut National Institute of Drug Abuse yang bermarkas di Amerika Serikat, Flakka atau alpha-pyrrolidinopentiophenone (alpha-PVP) secara kimiawi mirip dengan obat cathinone sintetis lainnya populer disebut “garam mandi” dan menyerupai bentuk kristal putih atau merah muda, berbau busuk yang dapat dimakan, ,dihisap, disuntikkan atau menguap dalam rokok elektrik atau alat serupa. Menguap, yang mengirimkan obat sangat cepat ke dalam aliran darah, mungkin membuatnya sangat mudah untuk overdosis.

BACA JUGA:  Wali Kota Depok Turut Salati Jenazah Korban Lion Air

Flakka atau yang juga dikenal sebagai “obat zombie“ obat yang kini telah menyebar dibeberapa negara besar telah memicu kerusuhan dikalangan kehidupan masyarakat dimana obat itu beredar. Pecandu narkoba zombie ini juga memiliki kecenderungan untuk melukai orang disekelilingnya.

Flakka seperti psikostimulan lain yang dapat menyebabkan hoperstimulansi, paranoia dan halusinasi. Flakka telah dilaporkan menjadi penyebab penyumbang signifikan dari kematian bunuh diri dan overdosis obat.

“Sangat sulit untuk mengontrol dosis yang tepat ( Flakka ) “ kata Jim Hall, seorang ahli epidemiologi penyalahgunaan narkoba di Nova Southeastem University di fort Lauderadale, Florida.

BACA JUGA:  Sang Alang Rilis Lagu ‘Sontoloyo’ dengan Nuansa Karnaval

Sebuah video dokumentasi di Youtube menunjukkan bagaimana berbahayanya efek dari flakka ini yang benar-benar membuat manusia menjadi seperti zombie.

Di Indonesia sendiri, data dari BNN menyebutkan 50 orang meninggal perhari karena narkoba. “ Kerugian negara akibat narkoba mencapai Rp. 63,1 triliyun.” Ungkap kepala BNN Budi Waseso kepada awak media beberapa waktu lalu.

Untuk sementara ini, di indonesia telah diketahui sekitar 60 jaringan yang beroperasi dalam penyebaran narkoba. (Risna D/UMB)

Comments

comments