Semburan Gas di TPA Cipayung Bukan Yang Pertama Kali

tpa-cipayung.jpg
TPA Cipayung, Depok.

Warga Kampung Benda Barat mengungkapkan semburan gas di lokasi area TPA sudah kali kedua terjadi. Sebelumnya sempat terjadi kasus yang sama pada tahun 2002.

Cipayung, Depok (20/12) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok membagikan masker gratis bagi warga di sekitar lokasi. Masker itu untuk menghindari warga dari bau menyengat seperti gas belerang tercium kuat di kolam C Tempat Pembungan Akhir (TPA) Cipayung di RT 4 RW 6 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung.

BLH juga membagikan masker gratis bagi warga di sekitar lokasi. Masker itu untuk menghindari warga dari bau menyengat seperti gas belerang tercium kuat sampai radius 200 – 300 meter area tersebut.

BACA JUGA:  Dianggap Tak Kooperatif, Ombudsman Akan Panggil Paksa Wali Kota Depok

Lokasi semburan gas yang berbatasan langsung dengan permukiman warga di Kampung Benda Barat membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengambil langkah antisipasi.

Kendati dipastikan tidak berbahaya, namun warga dikhawatirkan tidak biasa mencium aroma gas tersebut.

“Kami tetap bagikan masker gratis hari ini khusus di RT 004/06 saja dan Kampung Benda Barat. Seratusan warga mungkin ada. Mungkin kalau yang enggak biasa tetap pusing. Sambil menunggu tekanan gasnya berkurang,” ungkap Kasubdit Pengawasan Limbah Berbahaya dan Beracun Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Indra Kusuma, Sabtu 19 Desember 2015.

BACA JUGA:  Scie-Cent IsEF SEBI Gelar Kajian “Edukasi Fintech"

BLH Kota Depok juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat terkait peristiwa semburan tersebut.

Lokasi semburan masih diawasi oleh petugas dan didatangi warga sekitar untuk melihat secara langsung.

“Ini semakin berkurang, kalau semalam gemuruhnya begitu besar seperti pompa air tetapi kencang sekali,” ungkap Indra.

Warga Kampung Benda Barat mengungkapkan semburan gas di lokasi area TPA sudah kali kedua terjadi. Sebelumnya sempat terjadi kasus yang sama pada tahun 2002.

BACA JUGA:  Ini Kondisi Pensiunan PNS yang Tinggal di "Kandang Kambing"

Komentar

komentar