Dua RW di Cimanggis Diserang Ulat Bulu

Ilustrasi ulat bulu.
Ilustrasi ulat bulu.

Warga Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, terus berupaya mengatasi serangan ulat bulu yang menyebar di empat RT dan dua RW. Warga khawatir serangan ribuan ulat bulu itu akan terus meluas.

Menurut Sardjono, salah satu warga setempat, meski berbentuk seperti ulat bulu dengan berbagai warna dan ukuran, ulat tersebut tidak mengganggu warga. Artinya, tidak ada warga yang merasa gatal-gatal.

“Tidak mengganggu sejauh ini, tidak ada warga yang dibawa ke klinik atau mengalami keluhan gatal-gatal atau bentol, malah bisa dipegang,” ungkapnya di lokasi, Selasa (1/12/2015).

Sardjono menambahkan, serangan ulat bulu tersebut bukan berasal dari tanaman kangkung. Akan tetapi, perubahan suhu dari musim kemarau ke musim hujan membuat ribuan ulat itu muncul dari retakan tanah.

“Bukan dari kangkungnya, tetapi dari retakan tanah di bawahnya. Ada pergantian musim sehingga mereka keluar. Karena di situ ada berbagai tanaman lain, juga macam-macam ada kangkung dan umbi-umbian,” jelasnya.

Untuk mengurangi serangan ulat bulu, tanaman warga sempat menjadi alternatif untuk dipangkas. Namun, hal itu dilaporkan terlebih dahulu ke petugas Kelurahan Curug. Petugas juga sudah melaporkan kejadian ini ke Dinas Pertanian Depok untuk segera ditangani.

Komentar

komentar