Depok Segera Punya Alun-alun Kota

Sumber foto pradisupriatna.com
Sumber foto pradisupriatna.com

Depok (29/12) – Sebagaimana Kota lain di Indonesia, Kota Depok dalam waktu dekat akan memiliki alun-alun kota. Lahan yang sudah biasa menjadi ciri khas di sebuah kota ini akan dibangun di kompleks Balai Kota Depok. Alun-alun Kota Depok akan dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 1.000 meter persegi.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kota Depok Kania Parwanti mengatakan, alun-alun kota ini berlokasi di lahan bekas gedung kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan berseberangan dengan gedung Perpustakaan Umum Kota Depok. Selain itu lahan yang berada di belakang gedung perpustakaan juga akan dimanfaatkan untuk taman kota.

“Saat ini alun-alun sedang kami bangun. Alokasi dananya Rp 900 juta. Insya Allah selesai tahun ini. Saat ini pun tengah dikerjakan,” ujar Kania di Depok, Jawa Barat, Senin (28/12).

Untuk pengadaan alun-alun ini, Distarkim memindahkan lokasi tiang bendera dan pelatarannya yang selama ini menjadi podium upacara ke lokasi letak alun-alun berada. Tiang bendera dan pelatarannya akan berlokasi lurus sejajar dengan gedung Balaikota Depok.

Kania optimis, pengerjaan alun-alun ini akan rampung tepat waktu. “Tidak sulit, kan hanya alun-alun, ini kan lahan terbuka luas. Insya Allah bisa selesai 2015 ini juga,” kata Kania.

Nantinya, setelah alun-alun ini terealisasi, masyarakat Kota Depok dapat dengan leluasa menggunakan alun-alun untuk berbagai kebutuhan mereka. Alun-alun dapat dikunjungi termasuk saat hari libur yakni sabtu dan minggu. Warga Depok bisa membawa keluarga untuk bermain di alun-alun dan melaksanakan segenap aktivitas yang ingin dilakukan di area publik ini.

“Yang mau main sama keluarga boleh dibawa ke alun-alun, yang mau jogging juga bisa. Bebas. Segala aktivitas positif bisa dilakukan di alun-alun ini,” papar Kania.

Komentar

komentar