423 Panwas TPS Pancoran Mas Ikuti Bimtek

IMG-20151206-00140

Minggu, 6/12 – Jelang hari pencoblosan Pilkada kota Depok yang jatuh pada hari Rabu, 9 Desember 2015, Panitia Pengawas Kecamatan Pancoran Mas gelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Pengawas TPS (tempat pemungutan suara, red) se-kecamatan Pancoran Mas kota Depok.

Sebanyak 423 pengawas TPS yang telah dilantik 16/11 di Balai Rakyat, Depok Jaya mengkitu Bimtek yang dibagi dua gelombang pada Minggu, 6 Desember 2015, di Graha Insan Cita.

Diharapkan dalam Bimtek ini, petugas pengawas TPS dapat bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan, Pilkada kali ini hanya diikuti dua pasang calon.

Masuknya masa tenang Pilkada kota Depok, Panwas tingkat TPS dibekali tugas dan fungsi pada hari pencoblosan.

“Jangan sampai petugas pengawas TPS kebingungan di lokasi tugasny a,” tukas Fahmi, Sekretariat Panwascam Pancoran Mas.

Dengan adanya Bimtek, menurut Asep, Ketua Panwascam Pancoran Mas, mengharapkan pengawas TPS sebagai ujung tombak suksesnya Pilkada kota Depok.

Tugas pengawas tingkat PPL (panitia pengawas lapangan) dan TPS diantaranya bertugas menghadiri pemungutan dan perhitungan suara sejak awal sampai akhir, memeriksa (validasi) pembuatan berita acara dan sertifikasi hasil penghitungan suara berdasarkan catatan penghitungan suara dalam plano sehingga tidak ada perbedaan.

Kemudian pengawas TPS juga harus mengawal penyerahan kotak suara ke PPS dan ke PPK. Dan mencatat seluruh kejadian dan menyampaikan hasil pengawasan kepada pengawas pemilu secara berjenjang.

“Saya baru pertama kali ikut sebagai pengawas. Dan memang baru Pilkada kali ini ada petugas pengawas di TPS berdasarkan amanat UU No.8 tahun 2015,” tandas Aris, pengawas TPS Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. (Surya)

Komentar

komentar