Kaum Gay Kota Depok Diperkirakan Akan Terus Bertambah

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Komunitas Aksi Lembaga Swadaya Kemanusiaan Indonesia (KAKI) menyebut kaum homoseksual di kota Depok akan bertambah. Hal ini dilihat dari peningkatan angka pemetaan.

“Sampai hari ini terus dilakukan pemetaan, dan estimasi itu ada kecenderungan naik,” ujar Koordinator Lapangan KAKI yang tak mau disebut namanya melalui sambungan telepon, Jumat (20/11/2015).

Pada 2014, tercatat 4,932 orang menjadi pelaku homoseksual di Kota Depok, sedang pada 2015 angka ini naik menjadi 5,791 orang. Melihat penambahan dari tahun sebelumnya, KAKI yakin pelaku ‘G’ akan bertambah.

Meski demikian KAKI memastikan, pelaku ‘G’ tidak pernah melakukan perekrutan anggota baru dengan mengajak orang lain menjadi pelaku homoseksual. Sebab, seseorang mejadi pelaku homoseksual lebih disebabkan gaya hidup dan lingkungan.

“Gaya hidup dan lingkungan yang menjadi faktor utamanya,” ungkap dia.

KAKI dan Komisi Penanggulangan AIDS Kota Depok sebelumnya melakukan pemetaan pelaku homoseksual di kota Depok. Hal ini dilakukan  sebagai upaya pencegahan penularan virus HIV/Aids melalui hubungan seksual, terlebih laki-laki sesama laki-laki (lsl).

Sebagai lembaga swadaya, sebagian anggota KAKI merupakan pelaku homoseksual. Dari sana diketahui ada anggota KAKI masih usia remaja hingga 50 tahun yang merupakan pelaku homoseksual.

“Anggota di komunitas ada yang berusia 14 tahun masih pelajar SMP,” tukas Koordinator Lapangan KAKI.

Komentar

komentar