Gubernur Jabar: PNS Harus Netral Pada Pilkada Serentak

Gubernur Jawa Barat Ahmad heryawan.
Gubernur Jawa Barat Ahmad heryawan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher menegaskan seluruh pegawai negeri sipil Pemprov Jabar harus netral pada saat proses penyelenggaraan Pilkada Serentak 2015.

“Ini juga sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo. Para PNS harus memegang teguh netralitas,” ujar Aher usai pembukaan Rakor Persiapan Pilkada Serentak Jawa Barat, di Bandung, Rabu.

Menurut dia, kesuksesan Pilkada Serentak Jawa Barat salah satunya dapat dilihat apabila tidak ada keterlibatan dari para abdi negara terutama dalam kegiatan kampanye.

Ia mengatakan PNS dianggap telah melakukan suatu pelanggaran jika terlibat langsung maupun tidak langsung sebagai tim sukses dari sebuah pasangan calon.

BACA JUGA:  Disdik Jabar Gelar Expo Automotive Pertama Kali di Indonesia, Program Berbagi Teknologi Otomotif untuk Guru SMK

Walaupun harus netral, kata Aher menjelaskan bahwa PNS tetap seorang sipil yang boleh menggunakan subjektivitas melalui hak untuk memilih atau memberikan suaranya.

“Dalam prosesnya, PNS tidak boleh berpihak. Jika ditemukan PNS tak netral siap memberikan sanksi sesuai dengan perundangundangan yang berlaku,” kata dia.

Ia mengatakan sanksi diberikan secara bertahap sesuai dengan tingkat pelanggaran mulai dari teguran, penurunan pangkat, hingga pemecatan.

“Sanksinya sangat beragam dan disesuaikan dengan kadar pelanggarannya,” kata Aher.

Sementara itu meskipun tidak terlibat langsung dalam pemilihan kepala daerah serentak di Jawa Barat, Kodam III/Siliwangi siap mengawal jalannya ajang demokrasi di delapan kabupaten/kota tersebut.

BACA JUGA:  MUNAS FPPTI: Pustakawan Harus Berinovasi dan Mempunyai Visi Jauh ke Depan

Kepala Staf Daerah Militer III/Siliwangi Brigjen Wuriyanto mengatakan pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

Pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah untuk membantu menyukseskan pilkada serentak.

“Jadi sudah memprediksi, memprogramkan, dan melaksanakan langkah-langkah untuk mewujudkan pilkada serentak agar baik dan lancar,” kata Wuriyanto.

Komentar

komentar