Jawa Barat Kirim 14 Pelajar Magang ke Jepang

Ilustrasi | Pesawat rakitan SMK Negeri 12 Bandung.
Ilustrasi | Pesawat rakitan SMK Negeri 12 Bandung.

Depokpos (2/10) – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengirimkan 14 orang lulusan SMK swasta di Jawa Barat ke Senmo-Gakkou Jepang untuk menempuh program pendidikan dan magang yang bekerjasama dengan Sentra Global Edukasi (SGE).

“Jadi ke-14 orang ini akan menjalani masa pendidikan dan magang kerja di Jepang sekitar delapan tahun lamanya. Kami mendapatkan kerjasama yang baik antara Badan Musyawarah Perguruan Swasta dengan SGE untuk program magang ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Asep Hilman, di Bandung, Kamis.

BACA JUGA:  Bersama ZIS Indosat, Rumah Zakat Hadirkan Desa Berdaya di Kota Cimahi

Ke-14 orang lulusan SMK ini akan mulai bertolak ke Jepang Kamis malam nanti dari Bandara Soekarno Hatta.

Ia menuturkan, sebelum diputuskan untuk dikirim magang ke Jepang ke-14 orang pelajar tersebut sebelumnya telah menempuh sejumlah tes baik untuk kemampuan akademik dan keterampilan lainnya.

Ke- 14 lulusan tersebut berasal dari SMK Pasundan 1 Bandung, SMK Pelita Ciampea, SMK Pelita 2 Ciampea, SMK Kesehatan Pelita Ciampea, SMK Bina Taruna Purwakarta, SMK Bina Karya 1 Karawang, SMK Bina Karya 2 Karawang, SMK Bina Mandiri Bekasi dan SMK LPT, Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA:  Bersama ZIS Indosat, Rumah Zakat Hadirkan Desa Berdaya di Kota Cimahi

“Jadi mereka yang berangkat itu siswa SMK dari berbagai jurusan dan akan belajar sesuai dengan bidangnya disana. Seperti ada yang di bidang otomotif, akunting, keperawatan dan lainnya,” kata dia.

Menurut dia, selama berada di Jepang mereka akan menjalani program pendidikan di Okayama Institut of Language selama 1,5 tahun untuk mendapatkan pendidikan bahasa dan budaya Jepang kemudian akan melanjutkan pendidikan di Profesional Training Collage (PTC) selama dua tahun sesuai dengan kejuruannya masing-masing.

Pihaknya berharap dengan program tersebut  diharapkan dapat meningkatkan produk pendidikan sehingga bisa setara dengan lulusan perguruan tinggi bahkan sudah bisa bersaing pada level internasional. /Antara

BACA JUGA:  Bersama ZIS Indosat, Rumah Zakat Hadirkan Desa Berdaya di Kota Cimahi

Komentar

komentar