BNN Kota Depok Sosialisasikan P4GN di SMUN 6 Depok

12122393_736810246452484_6459314199233590523_n

Depok Pos (2/10) – Dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kepada masyarakat, BNN Kota Depok dan BAPAS JakartaSelatan semakin menggiatkan sosialisasi P4GN khususnya di ligkungan pelajar.

Kali ini yang menjadi sasaran adalah pelajar SMAN 6 Kota Depok Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Pelajar” tersebut digelar Jumat ,02 Oktober 2015 di SMAN 6 Depok dan diikuti oleh sekitar 380 pelajar. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kepala. BNN Kota Depok, AKBP.M Syaefudin Zuhri.

Dalam uraian materinya tentang menyampaikan bahwa pelajar harus beperan dalam P4GN karena pelajar dalam usia remaja merupakan usia yang rawan dan merupakan sasaran mudah bagi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Untuk itu beliau berpesan kepada para pelajar untuk selalu berpartisipasi aktif dalam P4GN melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

“Jaga diri sendir, keluarga dan orang-orang terdekat dari narkoba. Jangan sia-siakan waktu untuk hal yang tidak berguna”, ujar Ka BNN Kota Depok, Syaefudin Zuhri.

Dalam paparannya Syaefudin Zuhri memberikan paparan tentang jenis-jenis narkoba yang sering disalahgunakan dan dampak penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan.Program IPWL bagi Penyalahguna (Korban) Narkoba. Beliau menyampaikan bahwa penyalahgunaan narkoba disamping akan menimbulkan gangguan kejiwaan juga akan menimbulkan gangguan fisik pada tubuh seperti pada otak, hati, mata, gigi dan mulut, jantung, paru-paru dan sebagainya.

Lebih lanjut dia juga meyampaikan tentang dampak penyalahgunaan narkoba suntik yaitu tertularnya penyakit HIV – AIDS.

Narasumber dari Bapas Jakarta Selatan memberikan materi kepada para siswa tentang peran pelajar dalam mendukung P4GN. Diakhir pemaparan materi dari narasumber kegiatan diisi dengan Focus Group Discussion (FGD).

Dalam FGD peserta kegiatan dibagi dalam tiga kelompok untuk mendiskusikan mengenai pelaksanaan P4GN di lingkungan sekolah. FGD dilanjutkan dengan pemaparan hasil diskusi oleh perwakilan dari masing-masing kelompok.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan ikrar anti narkoba oleh seluruh peserta siswa dan siswi SMAN 6 Kota Depok

Komentar

komentar