Wagub Jabar Tandatangani MoU Jabar-Australia Selatan

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. (dok pks-jabar.org)

Depokpos (25/9) – Pemprov Jawa Barat dan Negara Bagian Australia Selatan sepakat merevitalisasi kerja sama dalam konteks “provinsi-negara bagian bersaudara” yang dijalin sejak 1997 yakni di bidang hubungan antarpemerintah dan masyarakatnya, serta bidang-bidang ekonomi, khususnya sektor industri dan pariwisata.

Biro Humas Protokol dan Umum Setda Pemprov Jawa Barat dalam siaran persnya, Jumat, mengatakan naskah Memorandum Saling Pengertian (MoU) ditandatangani Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar bersama Premier Australia Selatan Jay Wetherill di Dunstan Playhouse, Adelaide, Australia Selatan, Kamis (24/9) waktu setempat dan disaksikan Konjen RI di Sydney.

Wagub Jabar mengatakan kesepakatan revitalisasi kerja sama didasari keinginan Pemprov Jabar dan Pemerintah Australia Selatan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

“Jadi implementasinya harus saling menguntungkan dan mengikuti ketentuan perundang-undangan di masing-masing negara,” katanya.

Usai penandatanganan MoU, Deddy Mizwar kepada menjelaskan kerja sama yang segera dikembangkan bersama mencakup bidang pertanian.

Di dalam bidang ini terdapat sektor pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dan juga penyediaan dan pengembangan produk dan jasanya.

Pada bidang pariwisata, lanjut Wagub Jabar, kedua “provinsi bersaudara” secara kontinyu melakukan pertukaran seni dan budaya, serta promosi.

“Intinya, kita memanfaatkan potensi pariwisata yang dimiliki Jawa Barat maupun Australia Selatan. Ini kan peluang bagus, kita memiliki banyak obyek wisata yang dapat dipasarkan di sini,” ujar Deddy.

Lebih lanjut ia mengatakan kesepakatan kerja sama yang tak kalah pentingnya yakni bidang pendidikan.

Ke depan, menurut dia, antara Jabar dan Australia Selatan akan melakukan pertukaran siswa dan guru. Di samping itu penyediaan beasiswa, pelatihan, program sister school, dan kerja sama penelitian.

“Usai penandatangan MoU, akan dibentuk kelompok kerja untuk implementasi kesepahaman hari ini. Kelompok kerja juga akan mengevaluasi dan merekomendasi bentuk program,” Deddy memaparkan.

Komentar

komentar