Tips Memilih Hewan Qurban Sehat ala PDHI

Pedagang hewan qurban di jalan merdeka, Sukmajaya. (san/depokpos)
Pedagang hewan qurban di jalan merdeka, Sukmajaya. (san/depokpos)

Depokpos (18/9) – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Cabang Jabar I memberikan sejumlah tips bagi masyarakat yang akan membeli hewan kurban untuk Idul Adha agar mendapatkan hewan ternak yang baik dan sehat.

“Tips memilih hewan kurban yang sehat secara kasat mata pertama ialah bulu-bulunya harus mengkilap atau bulunya tidak berdiri karena kalau berdiri maka hewannya cacingan,” kata Ketua PHDI Cabang Jabar I Sri Mujiariningsih, di Bandung, Jumat (18/9).

Ditemui menghadiri acara pelepasan Tim Pemeriksa Hewan Kurban Tahun 2015, di Halaman Gedung Dinas Peternakan Jabar, Sri mengatakan tips kedua memilih hewan kurban yang baik dan sehat ialah gerakan hewan tersebut lincah.

BACA JUGA:  Dedi Mulyadi: Golkar Jabar Belum Bahas Pilgub

“Ketiga ialah selaput lendir yang keluar dari hidung, anus, mata harus berwarna merah muda tidak ada keluar lelehan warna hitam,” kata dia.

Tips terakhir memilih hewan kurban yang baik dan sehat adalah suhu tubuhnya harus antara 39-40 derajat celcius.

“Kalau di atas 39 atau 40 derajat celcius atau suhunya 40,5 derajat celcius maka sapi itu mulai demam, curiga ada penyakit,” kata dia.

Sementara itu, untuk syarat sah kurban bagi domba/kambing ialah bisa dilihat dari jumlah gigi tetapnya yakni berjumlah dua.

BACA JUGA:  Dedi Mulyadi: Golkar Jabar Belum Bahas Pilgub

“Kalau domba/kambing gigi tetapnya dua maka artinya umurnya sudah lebih dari satu tahun. Sedangkan untuk sapi atau kerbau gigi tetap sepasang maka sudah berumur dua tahun,” kata dia. /Antara

Komentar

komentar