Sabtu Hari Terakhir UI Career & Scholarship Expo

(dok cdcui.ui.ac.id)
(dok cdcui.ui.ac.id)

Depokpos (18/9) – Universita Indonesia (UI) menggelar UI Career & Scholarship Expo, yang berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (19/9), di Balairung UI, Kampus Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi para lulusan universitas yang akan memasuki dunia kerja, serta lulusan yang akan melanjutkan pendidikan pascasarjana.

Sebanyak 54 perusahaan serta 12 lembaga pendonor beasiswa turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Pembukaan UI Career & Scholarship Expo XX 2015 dilaksanakan pada Kamis (17/9). Pada hari pertama kegiatan ini, ada sekitar 10.000 pengunjung yang terdiri atas wisudawan UI Agustus 2015, alumni, mahasiswa tingkat akhir UI, serta masyarakat umum yang datang ke bursa kerja dan beasiswa ini.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, yang hadir dalam pembukaan bursa kerja UI, mengimbau kepada perusahaan untuk bisa mempekerjakan kaum difabel. Setidaknya, setiap perusahaan mempekerjakan 1 persen dari total karyawan. “Perusahaan bisa memberi kesempatan dengan perbandingan 1:100 untuk kaum difabel atau 1 persen dari total karyawan,” tuturnya.

Menurutnya, kaum difabel adalah kelompok yang memiliki kemampuan berbeda dengan pencari kerja lain. Namun, mereka professional yang bisa diandalkan.

“Intinya, ada kewajiban untuk mempekerjakan kaum difabel. Satu perusahaan setidaknya sebanyak 1 persen,” ujarnya.

Wakil Rektor UI Bidang SDM Pengembangan dan Kerjasama, Hamid Chalid mengatakan, UI Career & Scholarship Expo merupakan bukti nyata UI mengembangkan karier alumninya yang ingin memasuki dunia kerja. Menurutnya, dari hasil treasure study yang dilakukan pihakya mampu membantu menyesuaikan pembelajaran di UI, sehingga alumninya memiliki kemampuan kerja yang bagus.

Komentar

komentar