UI Masuk Daftar 100 Universitas Terbaik Asia

Unversitas Indonesia.
Unversitas Indonesia.

Depokpos – Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran top 100 universitas se-Asia dengan menduduki peringkat ke-79.

“Untuk tingkat dunia, UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk dalam top 310 dunia dengan menduduki peringkat ke-310,” kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti, Senin.

Pemeringkatan tersebut katanya didasarkan atas penilaian yang dikeluarkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2014/2015 terhadap lebih dari 800 perguruan tinggi di dunia.

Lebih lanjut, pada QS World University Ranking by subject 2014/2015, UI juga meraih predikat program studi Kedokteran (medicine) terbaik se-Indonesia dan peringkat ke-301 dunia.

BACA JUGA:  Ini Kondisi Pensiunan PNS yang Tinggal di "Kandang Kambing"

Sedangkan, pada QS World University Rankings by Faculty 2014/2015, UI meraih peringkat terbaik ke-200 dunia untuk Rumpun Ilmu Sosial dan Managemen.

Felly mengatakan pencapaian tersebut tidak hanya milik UI sendiri, tetapi juga pencapaian nasional karena turut meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“UI telah mencanangkan visi untuk menjadi universitas yang mandiri dan unggul serta mampu menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global,” katanya.

Melalui pencapaian ini diharapkan UI senantiasa mampu menghasilkan ilmu pengetahuan dari karya-karya risetnya yang kualitasnya memiliki daya saing dan bermanfaat di tingkat internasional.

BACA JUGA:  Majelis Ta’lim Nurussyabaab Panmas Komitmen Rangkul Anak Muda

“Pencapaian UI tidak terlepas dari pemenuhan seluruh parameter tersebut di atas serta dukungan pemerintah terhadap pendidikan di UI,” ujarnya.

Menurut dia, peningkatan signifikan dalam publikasi jurnal hingga mencapai angka 200persen, pengelolaan sumber daya manusia di tingkat universitas maupun fakultas serta tata kelola organisasi yang mencakup budaya, kebiasaan, kebijakan dan upaya internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun tenaga pendidik.

“Upaya ini juga seturut program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi guna mendukung daya saing bangsa,” ujarnya.

BACA JUGA:  30 Tahun Kampus UI Depok, Merawat Persatuan dalam Kebhinekaan

Pemeringkatan QS World University Rankings menggunakan enam parameter dalam pemeringkatan yaitu Academic reputation (40 persen) mengukur unsur akademik secara menyeluruh, Employer reputation (10 persen) mengukur kualitas tenaga pendidik perguruan tinggi, Faculty/student ratio (20 persen) mengukur keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.

Selain itu Citations per faculty (20 persen) mengukur penelitian yang dihasilkan para sivitas akademika perguruan tinggi, Proportion of international student (5 persen) rasio mahasiswa asing di perguruan tinggi dan Proportion of international staff (5 persen) rasio tenaga pendidik asing di perguruan tinggi.

Sumber: Antara

Komentar

komentar