Mau Selfie Bareng Ular Phyton? Datang Ke Taman Merdeka

Taman Merdeka Depok
Banyak warga Depok yang minta foto bersama hewan reptil milik Komunitas MRD (san/depokpos)

Depokpos – Ular bisa jadi merupakan hewan yang paling salah dimengerti orang. Lantaran berbagai mitos menyeramkan serta penggambaran negatif di banyak cerita fiksi atau film, reptil ini dianggap hewan berbahaya yang agresif menyerang manusia.

“Padahal sebenarnya ular yang takut sama manusia. Mereka hanya menggigit ketika merasa takut, terancam, atau tersakiti,” ujar Zaki, pendiri sekaligus ketua komuntas Merdeka Reptil Depok (MRD) kepada depokpos beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan kebanyakn orang, mereka yang tergabung dalam komunitas MRD ini justru senang melihat dan merasakan ular melingkari dan menjelajahi leher dan tangan mereka. Maklum, komunitas yang sudah memiliki anggota sekitar 30 orang lebih dengan anggota dari berbagai latar belakang mulai dari pelajar mahasiswa sampai para pekerja ini memang sudah biasa bergaul dengan ular.

Nama Merdeka Reptil Depok karena komunitas ini memang sering berkumpul ditaman merdeka, Sukmajaya.

“Iya, hampir setiap minggu sore kita kumpul disini (Taman Merdeka – red), yang datang bukan cuma anggota dari depok aja mas. Itu tuh yang pake jilbab pink, namanya Nova, dari Bekasi dia,” ujar Zaki sambil menunjuk salah seorang remaja wanita yang sedang berbincang bersama warga Depok.

Selain berbagi ilmu ke sesama anggota, MRD juga rutin melakukan edukasi kepada publik, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Taman Merdeka Depok
Anggota Komunitas MRD saat sosialisasi kepada warga (san/depokpos)

“Ya seperti  ini, kami terjun langsung ke masyarakat tiap minggu, sesekali juga diundang ke wilayah lain atau ikut event bersama-sama komunitas pecinta reptil lainnya,” ujar Zaki, yang mulai memelihara ular sejak kecil ini.

Salah jenis ular yang dipelihara anggota MRD adalah dari jenis Python reticulatus, ular tak berbisa yang ukuran dewasanya bisa mencapai panjang 6 meter.

Mau mengenal lebih jauh komunitas ini atau sekedar berfoto bersama reptil? silahkan kunjungi Taman Merdeka yang berlokasi di Jalan Merdeka Depok II Tengah pada minggu sore.

Komentar

komentar