LPM Kalibaru Prihatin Kondisi Situ Cilodong Paska Pengubekan

Suasana pengubekan Situ Cilodong. (Dok. LPM Kalibaru)
Suasana pengubekan Situ Cilodong. (Dok. LPM Kalibaru)

Depokpos – Minggu, 02 agustus 2015, masyarakat beramai-ramai turun ngubek situ Cilodong. Tanpa disadari tindakan yang dilakukan bisa berakibat buruk untuk warga sekita Situ Cilodong yang bergantung kebutuhan air dari tampungan air Situ Cilodong.

Mata air situ yang sedianya tetap mengalir walau kurang memenuhi kebutuhan air situ akibat kemarau yang berkepanjangan menjadi tersumbat karena injakan kaki-kaki para pengubek situ. Sampah-sampah juga banyak bertebatan di atas situ dan sekitar jalan serta area parkir situ tanpa adanya kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya.

BACA JUGA:  33 Regu Pramuka Tampilkan Kesenian Daerah di Plaza Cibubur

Ketua LPM Kelurahan Kalibaru, Burhanudin mengatakan akibat pengubekan Situ Cilodong, menyebabkan air menjadi keruh dan mengganggu sumur-sumur sumber air bersih disekitar lokasi.

“Air situ menjadi keruh dan menimbulkan bau yang tak sedap sehingga nantinya bisa menimbulkan sumber penyakit, juga sumur-sumur tempat kebutuhan air bersih terganggu karena keruhnya air situ.” kata Burhanudin.

“Ekosistem air di Situ Cilodong yang sudah terbentuk menjadi terganggu karena ulah pengubek situ,” tambahnya.

Tindakan pengurus pokdarwis, LPM dibantu pihak kepolisian untuk menghalau tidak dilakukan pengubekan Situ Cilodong seakan tidak dihiraukan bahkan sampai terlontar ejekan-ejekan dari masyarakat yang ingin mengubek situ.

BACA JUGA:  Wali Kota Terima Tim Monev Tingkat Provinsi

“Masyarakat sekitar situ dapat memahami dan mengerti untuk tidak melakukan pengubekan situ cilodong, namun masyarakat dari daerah lain yang datang dengan animo tinggi untuk mengubek situ cilodong tidak dapat tertahankan,” ujar dia.

Diantara masyarakat yang datang dari daerah Tapos, Cilangkap, Cibinong, Sukmajaya, Cipayung, Sidamukti bahkan ada dari Citayam dll, awalnya mereka mengubek situ Jati Jajar pada minggu 26-07-2015 setelah itu beredar isu bahwa selanjutnya situ cilodong akan diubek entah darimana sumbernya isu tersebut yang kian hari kian santer terdengar.

BACA JUGA:  Dianggap Tak Kooperatif, Ombudsman Akan Panggil Paksa Wali Kota Depok

Pengurus LPM Kalibaru juga meminta kepada Pemerintah Kota untuk bisa mengantisipasi kejadian ini untuk tidak terjadi di daerah lain terutama diwilayah kota Depok. Dan masyarakat juga di imbau untuk bisa turut serta menjaga alam dan habitatnya, karena hasil yang didapat dari mengubek situ jelas sangat tak sepadan dengan dampak yang dihasilkan.

Komentar

komentar