PLH Depok Uji Sampel Lumpur di Sawangan

gaslumpurSemburan lumpur dan gas di Sawangan, Depok yang terjadi mulai Rabu (22/7) mendapat perhatian serius Pemerintah Kota Depok.

Kamis (23/7) tampak petugas dari Pengawasan Lingkungan Hidup (PLH) Kota Depok mendatangi sumur yang mengeluarkan gas dan lumpur di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Mereka mengambil sampel lumpur untuk diteliti di laboratorium.

Selain sampel lumpur, petugas juga mengambil sampel air dari sumur yang terletak tak jauh dari lokasi sumur berlumpur tersebut. Mereka kemudian memasukkan sampel ke dalam botol.

“Kita dapat perintah dari kantor untuk melakukan penyelidikan. Semburan lumpur ini bisa saja mengeluarkan berbagai macam gas dan itu berbahaya bagi lingkungan,” kata petugas dari PLH Kota Depok, Sariyov Sarbani di lokasi, Jl Raya Swadaya No 8 Sawangan, Kamis (23/7/2015).

Selain itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan Kota Depok terkait hal ini. Diharapkan dalam 4 hari ke depan, hasil uji lab atas lumpur tersebut sudah dapat diketahui.

Saat ini lokasi sumur yang mengeluarkan lumpur tersebut sudah dipasangi garis polisi. Di atas sumur dipasang pipa untuk menghambat lumpur agar tidak menyembur keluar.

Para warga juga diimbau untuk tidak merokok dan mendekat ke sumur berlumpur itu karena dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan jiwa mereka.

“Masyarakat tidak boleh mendekat dengan jarak 10 meter. Takutnya di bawah tanahnya masih ada tekanan, kalau ada yang mendekat, menyembur malah makan korban jiwa,” ujar dia.

Komentar

komentar