Pilkada Surabaya, Blitar dan Pacitan Cuma Punya Satu Calon Pasangan

Bakal calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan wakilnya Wisnu Sakti Buana menjadi satu-satunya calon di Pilkada Surabaya. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Bakal calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan wakilnya Wisnu Sakti Buana menjadi satu-satunya calon di Pilkada Surabaya. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dari 19 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak di Jawa Timur, hanya 45 bakal pasangan yang mendaftar sejak pendaftaran dibuka 26 Juli hingga resmi ditutup, Selasa (28/7/2015) pukul 16.00 WIB.

Ironisnya, dari 19 daerah, tiga daerah yakniakni, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Pacitan, hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar.

“Khusus tiga daerah tersebut, karena hanya ada satu bakal Paslon yang mendaftar, maka masa pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari,” ujar Komisioner KPU Jatim Choirul Anam seperti dikutip Tribun Surabaya, Selasa (28/7/2015).

Pengunduran waktu pendaftaran tersebut, kata Anam, mengacu pada PKPU Nomor 12 tahun 2015 serta Surat Edaran KPU Nomor 403/ KPU/VII/2015 tentang Masa perpanjangan pendaftaran.

“Pendaftaran akan dibuka kembali pada tanggal 1-3 Agustus 2015 nanti,” tegas Anam.

Di Surabaya, baru pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana yang mendaftar di KPU setempat. Sedangkan calon tunggal di Pacitan yakni Indartato-Yudi Sumbogo yang diusung Partai Demokrat.

Sementara di Blitar, M Riyanto, mantan Wakil Bupati Blitar yang berpasangan dengan Marhaenis Urip Widodo, Ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar menjadi satu-satunya pasangan Cabup-Cawabup Pilkada 2015 yang mendaftar di Kantor KPUD Biltar.

Komentar

komentar