Banyak RS dan Puskesmas di Depok Tak Terapkan BPJS Kesehatan

puskesmas-sukmajayaAlasan lambatnya masa peralihan BPJS dari Jamkesmas dan Jamkesda membuat Sejumlah rusah sakit di Depok belum siap melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Karena tidak serta merta peralihan tersebut bisa membuat rumah sakit dengan begitu mudah juga beralih ke asuransi yang baru, itu yang membuat mereka (rumah sakit) menjadi lambat melakukan MoU,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Dinakersos) Kota Depok Diah Sadiah di Depok, Sabtu (4/7/2015).

Selain itu, kata Diah, masalah pengadaan lahan, penambahan unit juga menjadi alasan rumah sakit belum mendatangani MoU. Karena dengan masuknya ke BPJS Kesehatan aturan dan waktu akan berbeda ketika masih menggunakan Jamsostek, Askes, dan sebagainya.

Misalnya, kata dia, rumah sakit di Cinere, Depok yang melihat kemampuan pada penampungan pasien sebelum melakukan MoU. “Karena melakukan MoU itu tidak sembarangan” tegasnya.

Saat ini baru 12 rumah sakit yang bekerja sama dengan Pemkot Depok. “Yang sudah may running lagi ada tujuh (rumah sakit),” pungkasnya.

Komentar

komentar