Pangdam Jaya Akan Jadikan Sungai Ciliwung Obyek Wisata

ciliwungDepokpos – Panglima Kodam Jaya Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Agus Sutomo mengatakan akan menjadikan Kali Ciliwung sebagai destinasi wisata baru. Janji ini akan diwujudkan Pangdam Jaya bersama prajurit Kodam Jaya dalam tempo beberapa waktu ke depan.

“Taget kita hingga Desember 2015 mendatang, Kali Ciliwung bisa jadi tempat wisata,” ujar Agus, saat peresmian Media Center Kodam Jaya di Makodam Jaya, Jakarta Timur, Jumat (5/6).

Dia menjelaskan, upaya pembenahan terhadap Kali Ciliwung menjadi lokasi yang enak dipandang, sudah dilakukan sejak Desember 2014. Pada enam bulan pertama, pihaknya bekerja keras membersihkan tumpukan sampah di bantaran Kali Ciliwung maupun di aliran sungai.

BACA JUGA:  Tak Pandang Usia, Para Murid Perguruan Islam Al Syukro Universal Bantu Rohingya

Hasilnya sudah dapat dirasakan saat ini, tumpukan sampah yang biasa terlihat di sepanjang Kali Ciliwung, kini tidak lagi terlihat. Bahkan oleh warga sekitar, Kali Ciliwung ini dijadikan lokasi pemancingan yang favorit setiap sore.

“Dulu, jangankan untuk memancing, ikan saja tidak bisa hidup di Kali Ciliwung. Adanya hanya ikan sapu-sapu dan sandal jepit. Kalau kita mancing, bukan dapat ikan tapi sandal jepit,” ujarnya berkelakar.

Dia menjanjikan, ke depannya akan dibangun jembatan, taman bermain serta jogging track.

BACA JUGA:  Gelora Literasi 500 Siswa Sekolah di Bumi Sangkabulan

Terkait pembenahan Kali Ciliwung ini, personel Kodam Jaya hanya membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menjaga dan bersinergi dalam mengelola kondisi Kali Ciliwung menjadi semakin baik lagi.

Program ini dilakukan sejak Desember 2014 hingga Desember 2015.

Agus mengajak masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang Kali Ciliwung untuk mengubah budaya membuang sampah di kali.

“Kita memberikan solusi, dengan menyediakan dua tong sampah di setiap rumah warga, di RT dan RW ada gerobak sampah,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan pengerukan di dasar Kali Ciliwung.

BACA JUGA:  Gelora Literasi 500 Siswa Sekolah di Bumi Sangkabulan

“Mimpi kita, Kali Ciliwung akan jadi ikon Ibu Kota dan menjadi tempat wisata arung jeram,” kata Agus.

Komentar

komentar