Nur Mahmudi Tagih Janji Jokowi Soal Normalisasi Situ

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail
Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail

Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail berharap Presiden Jokowi memenuhi janji untuk menormalisasi situ (waduk atau danau) untuk pengendalian banjir yang diucapkan ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Nur menjelaskan, sejak dua tahun lalu Kota Depok yang memiliki sekira 26 situ sudah mengajukan permohonan anggaran senilai Rp461 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum.

“Kepada Pak Jokowi yang punya saving dari pengurangan subsidi alokasi di daerah, kan saving subsidi BBM katanya Rp100 miliar setiap daerah tidak selalu sama. Tolong Depok diberi alokasi perbaikan infrastruktur khusus di Situ Rp451 miliar. Tolong itu diwujudkan, jangan bicara Rp100 miliar saja. Lewat dana apa saja lah. Jadi intinya, mau lewat dana apirasi atau dana kelebihan subsidi atau dana PU, kami perlu peran pemerintah pusat untuk kepeduliannya. Karena, pembangunan infrastruktur situ (waduk atau danau) sudah mendesak,” katanya di Depok, Sabtu (27/6/2015).

Selain itu, tutur Nur, pihaknya sudah mengajukan surat permohonan anggaran hingga Rp6 triliun yang digunakan untuk berbagai pembangungan infrastruktur. Di antaranya, seperti pembangunan jalan tembus Terminal Jatijajar Depok ke tol Cinere – Jagorawi yang membutuhkan dana sebesar Rp417 miliar.

“Jangan ngomong polemik daerah, yang penting kita tagih Pak Jokowi. Saya kompilasi usulan dana 2015 kepada PU, ada sekian item dan besarannya. Polemik apapun yang diperbincangkan tingkat nasional kalau tidak bicarakan Kota Depok, enggak ada gunanya. Buat apa ngomong sana sini mendesak. Belum lagi, janji Pak Jokowi soal kebutuhan formasi PNS di Depok. Itu malah enggak perlu duit, yang ditagih kami butuh 1.000 formasi pegawai. Terserah bertahap atau tidak, idealnya sih 3.000,” tutupnya.

Komentar

komentar