Di Depok, Belum Ada Satupun Puskesmas Yang Terakreditasi

puskesmas-sukmajaya

Kota Depok saat ini memiliki setidaknya 35 Puskesmas, namun dari 35 Puskesmas yang ada di Kota Depok baik tingkat kelurahan atau kecamatan, sampai saat ini tidak ada yang sudah mendapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan.

Hal hal tersebut dikatakan oleh Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dr. Zakiah dalam keterangan persnya, Jumat (12/6/2015). Namun kata Zakiah, Pemkot Depok baru menargetkan seluruh Puskesmas di Kota Depok akan memiliki akreditasi pada 2019.

“Pengakreditasian akan dilakukan secara bertahap kepada semua atau 35 Puskesmas di Kota Depok,” kata Zakiah.

Untuk tahun 2015 ini, akan ada 9 puskesmas yang ditargetkan mendapatkan akreditasi. Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Tapos, Cipayung, Sawangan, Bojongsari, Cinere, Beji, Cimanggis, Pancoran Mas, dan Sukmajaya.

“Jadi kami harap target kita itu terpenuhi secara bertahap. Tahun ini kami memprioritaskan puskesmas yang kita anggap siap terlebih dahulu. Paling tidak adalah Puskesmas yang sudah memiliki ISO,” katanya.

Menurut Zakiah dengan sudah memiliki ISO, paling tidak proses akreditasi akan lebih mudah. Terhitung sejak 2008 hingga sekarang baru ada empat Puskesmas yang baru memiliki ISO, yaitu Puskesmas Beji, Pancoran Mas, dan Sukmajaya.

“Tahun ini jumlah tersebut akan bertambah lima, yaitu Tapos, Cipayung, Sawangan, Bojongsari, dan Cinere. Hanya tinggal Limo dan Cilodong yang belum melakukan proses ISO,” katanya.

Agar mendapatkan akreditasi, kata Zakiah diperlukan kelengkapan SDM, sarana prasarana, dan gedung.

Komentar

komentar