Demokrat dan PAN Galang Koalisi Hadapi Pilkada Depok

PAN DemokratDepokpos – Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan membangun koalisi untuk menghadapi pemilihan wali kota dan wakil wali kota Depok 9 Desember mendatang.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus mengatakan sejauh ini kesepakatan koalisi pemenangan ini hanya menyamakan tujuan dan pandangan terlebih dahulu, namun kedepannya akan bermuara pada koalisi partai.

Sebab, untuk maju dalam pilkada Depok, PD maupun PAN tidak bisa maju sendiri. Jadi, perlu koalisi agar mencapai 20 persen kursi di parlemen. Saat ini, Demokrat mengantungi empat kursi dan PAN enam kursi.

“Pas jadi 10 kursi, untuk mengajukan bila Demokrat dan PAN berkoalisi dari total 50 kursi di parlemen,” kata Edi, Senin 1 Juni 2015.

Selain itu, koalisi Demokrat dan PAN juga juga akan menggandeng fraksi PPP serta fraksi Restorasi Nurani Bangsa. Bila keempat fraksi ini sepakat bergabung, maka bakal terbentuk koalisi poros tengah untuk menandingi partai pemenang saat ini.

Bila kesepakatan tersebut terealisasi, masing-masing partai yang tergabung dalam koalisi diminta untuk mengajukan nama calon, dan bakal disurvei. Hasil survei ini yang bakal dijadikan patokan bakal calon yang maju dari koalisi poros tengah ini.

Dikatakan dia, pada pilkada Depok tidak mengenal Koalisi Merah Putih (KMP). Sebab, untuk membangun Depok tidak membicarakan koalisi semacam itu. Tapi, bagaimana partai di Depok membikin Depok lebih maju.

“Langkah awal Demokrat dan PAN yang akan mendeklarasikan koalisi pemenangan ini. Fraksi PPP dan Restorasi Nurani Bangsa ikut di perahu kami. Kami menargetkan 35 persen kursi di parlemen bergabung bersama kami,” tuturnya.

Komentar

komentar