Wapres: Pengungsi Rohingya Kita Tampung, Bangladesh Harus Pulang

Pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya

Depokpos – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan tak hanya pengungsi Rohingya yang ditampung oleh Indonesia saat ini. Namun, juga terdapat pengungsi dari Bangladesh yang ikut melarikan diri dari negaranya. Ia menegaskan untuk sementara keduanya akan ditampung di Indonesia dengan pertimbangan kemanusiaan.

Namun untuk pengungsi asal Bangladesh harus segera kembali ke negaranya sebab mereka memutuskan mengungsi untuk mencari kehidupan yang lebih baik lantaran kondisi perekonomian di negara tersebut, bukan karena tekanan politik seperti yang dialami pengungsi Rohingya.

BACA JUGA:  Tak Pandang Usia, Para Murid Perguruan Islam Al Syukro Universal Bantu Rohingya

“(Pengungsi) Rohingya oke kita tampung tapi nanti kita usahakan di mana mereka dapat dicarikan negara yang cocok,” jelas Kalla, Rabu (20/5).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, mengatakan ada kesepakatan antara Indonesia dan Malaysia untuk menampung sementara pengungsi Rohingya.

“Indonesia dan Malaysia sepakat untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada tujuh ribu migran gelap di laut,” kata Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman.

Kedua negara tersebut juga sepakat untuk menyediakan mereka tempat penampungan sementara untuk bermukim. Namun, pemulangan tetap akan dilakukan dalam kurun waktu satu tahun oleh masyarakat internasional.

BACA JUGA:  Gelora Literasi 500 Siswa Sekolah di Bumi Sangkabulan

Hal itu diutarakan Anifah setelah melakukan pertemuan tiga arah dengan perwakilan dari Indonesia dan Thailand di Putrajaya, Rabu (20/5). (mi/republika)

Komentar

komentar