Taman Merdeka Sukmajaya, Masih Menjadi Alternatif Hiburan Keluarga

Taman Merdeka Sukmajaya Depok
Suasana Taman Merdeka, Sukmajaya, pada hari libur (foto mi/depokpos)

Depokpos – Minggu sore, Taman Merdeka, Sukmajaya, memang lebih ramai dari hari-hari biasa. Jika sebagian warga depok menghabiskan liburan akhir pekan mereka dengan membawa dengan jalan-jalan di mall atau menikmati jajanan dititik-titik kuliner di Depok, maka sebagiannya lagi memilih Taman Merdeka ini sebagai alternatif hiburan bersama keluarga.

Bukan tanpa alasan, taman ini selain memang ramai pada sore hari, juga banyak menyediakan sarana bermain untuk anak-anak. Orang dewasa pun bisa menghabiskan waktu sekedar berbincang santai menghabiskan sore sambil mengamati putera-puteri mereka bermain.

Taman Merdeka
(foto mi/depokpos)

Selain sarana yang memang telah disediakan di taman ini, seperti ayunan dan lain-lain, Taman Merdeka juga dipenuhi dengan berkumpulnya penyedia jasa mainan dadakan seperti kereta mini, odong-odong, kolam pancing anak, mandi bola hingga aneka makanan dan minuman.

BACA JUGA:  Penggantian Antar Waktu (PAW), Rudi Setiawan Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Depok

Selain itu, Taman Merdeka juga menjadi tempat berkumpulnya beberapa komunitas. Salah satunya adalah Merdeka Reptil Depok (RMD) yang rutin berkumpul setiap minggu sore di taman ini. Dan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi orang dewasa maupun anak-anak untuk melihat-lihat dan berfoto bersama hewan-hewan jarang mereka lihat sehari-hari.

Ketua komunitas RMD, Zaki mengatakan kepada depokpos bahwa hewan-hewan yang mereka bawa semuanya sudah jinak dan dijamin aman.

“Wah ini jinak semua mas, dijamin aman, Nggak bakal ganggu pengunjung. Lihat aja, banyak anak-anak kecil yang minta foto bareng,” ujarnya kepada depokpos.

BACA JUGA:  Peringati Tahun Baru Islam, Wali Kota Sumbang Rp100 Juta Untuk Palestina
Komunitas Merdeka Reptil Depok
Salah seorang pengunjung yang minta berfoto bersama komunitas RMD (foto mi/depokpos)

Tempat Olahraga

Selain sebagai sarana hiburan alternatif keluarga, Taman Merdeka yang juga dilengkapi sarana lapangan olahraga ini juga menjadi tempat ideal untuk berolahraga tentunya.

Sekelompok ibu-ibu dari Abadi Jaya misalnya, sengaja datang ketempat ini untuk bermain bola volly. Mereka beralasan, minimnya sarana olahraga ditempat tinggal mereka memaksa mereka untuk ‘mengungsi’.

“Di RW saya ada sih lapangan olahraga, tapi malah dijadikan tempat parkir mobil warga,” ucap salah seorang ibu yang bernama Dewi.

Taman Merdeka Depok
Taman Merdeka juga menjadi tempat berolah-raga yang nyaman. (foto mi/depokpos)

Minimnya sarana kebersihan.

Ironisnya, ditempat yang setiap sore ramai dikunjungi orang ini, tak ada satupun tong sampah yang tampak. Akibatnya, banyak sampah sisa makanan yang berserakan begitu saja.

BACA JUGA:  Penggantian Antar Waktu (PAW), Rudi Setiawan Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Depok

Salah seorang pedagang mengatakan, memang tak ada tong sampah ditempat itu. Biasanya mereka sendiri yang memukuti sampah setelsh pengunjung mulai sepi.

“Biasanya setiap maghrib (setelah pengunjung sepi-red), kita-kita yang dagang disini yang bersihin. Ya kesadaran kita sendiriĀ  aja itu sih,” ujar salah satu pedagang, Minggu (10/5).

Sayang memang, kebersihan yang seharusnya menjadi nomor satu mengingat temat iniĀ  banyak dikunjungi anak-anak dan balita, justru terasa terabaikan.

Mudah-mudahan saja, masalah ini segera ditindaklanjuti aparat terkait, demi kenyamanan warga Depok yang memang sangat membutuhkan sarana hiburan alternatif ini. (mi)

Komentar

komentar