Taliban Klaim Tembak Jatuh Helikopter Yang Tewaskan Istri Dubes RI

helikopter jatuh
(Foto NDTV)

DEPOKPOS РKelompok Taliban Pakistan mengklaim telah menembak jatuh helikopter yang membawa tamu asing di wilayah Gilgit-Baltistan, dekat Kashmir, Pakistan. Insiden ini menyebabkan enam orang tewas, dikutip reuters Jumat (8/5).

Pakistan militan Taliban mengatakan mereka telah menembak jatuh helikopter dengan rudal luncur. Mereka juga mengatakan bahwa target utama adalah pesawat yang ditumpangi Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif.

“Nawaz Sharif dan sekutu-sekutunya adalah target utama kami,” kata juru bicara Taliban Muhammad Khurasani dalam sebuah pernyataan email yang diterima reuters.

Namun saksi di lapangan dan helikopter lainnya mengatakan tidak terdengar suara-suara yang menunjukkan terjadinya aksi penembakan apapun. Militer Pakistan juga menyatakan bahwa klaim Taliban tersebut tak berdasar. Hampir pasti helikopter ini jatuh akibat kerusakan mesin.

“Tidak ada indikasi serangan teroris,” kata Jubir Angkatan Bersenjata Pakistan Asim Bajwal.

Mendengar laporan jatuhnya helikopter ini, pesawat yang ditumpangi Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif langsung berbalik arah dari Gilgit.

helikopter jatuh
(foto CNN)

Akibat jatuhnya helikopter, enam orang dilaporkan tewas, termasuk istri duta besar Indonesia untuk Pakistan Heri Listyawati. Sementara duta besar Burhan Muhammad hanya menderita luka-luka.

Menurut saksi mata seorang petani bernama Shakil Ahmed, ia mengaku melihat helikopter menabrak sebuah sekolah dari rumahnya yang hanya berjarak 100 meter dari lokasi kejadian.

“Helikopter datang sangat dekat dengan helipad, mungkin 250 meter di udara, tepat di atas sekolah,” kata Ahmed dikutip Reuters.

“Helikopter melayang-layang untuk sementara dan kemudian mencoba untuk mengubah arah sebelum akhirnya terjatuh. Untungnya tidak ada anak-anak di sekolah karena hari ini sekolah libur. Helikopter terbakar selama lebih dari satu jam.” tambahnya. (mi)

Komentar

komentar