Satuan Relawan Kebakaran Akan Ditempatkan di 7 Pasar Kota Depok

Pasar Agung
Pasar Agung yang berlokasi di jalan Proklamasi Depok II Tengah.

Depokpos -Kepala Dinas Damkar Pemkot Depok, Yayan Arianto, menyebut tahun 2015 ini akan membentuk satuan relawan kebakaran (Satlakar) di tujuh pasar yang ada di Depok. Rencana tersebut dilakukan untuk antisipasi kemungkinan yang tidak diharapkan.

“Begitu terjadi kebakaran, Satlakar ini diharapkan dapat langsung bergerak cepat membantu upaya pemadaman api sambil menunggu mobil pemadam kebakaran datang,” ujar Yayan di ruang kerjanya, Senin (11/5).

Anggota Satlakar itu, kata dia, akan dilatih tentang apa yang harus dilakukan begitu terjadi kebakaran. Mereka juga diberikan teknik-teknik pemadaman api dengan cepat dan darurat.

Sebelumnya, Dinas Damkar Kota Depok telah membentuk Satlakar di 63 Kelurahan yang ada di Kota Depok. Tim Satlakar kelurahan itu terdiri dari 15 orang anggota. Mereka dilengkapi peralatan kerja pemadaman api, seperti jaket dan alat pemadam api ringan.

Yayan mengakui belum semua Satlakar kelurahan memiliki peralatan yang lengkap. “Baru di Kecamatan Pancoran Mas dan Beji yang lengkap,” ungkap Yayan.

Menurutnya, setiap Satlakar kelurahan tidak diberikan gaji atau honor, hanya berupa dana tunjangan sebesar Rp 2.250.000 per bulan untuk 15 orang anggota tim. (mi)

Komentar

komentar