Rumah sakit utama Aleppo terpaksa ditutup setelah serangan Rezim Suriah

RS-aleppo_i2ahsl
Rumah Sakit Aleppo yang hancur lebur di bombardir Pemerintah Suriah. (foto REUTERS)

Depokpos, Aleppo – Rumah sakit utama Aleppo terpaksa ditutup setelah serangan tentara Rezim Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad. Pusat medis yang melayani sekitar 400.000 orang di kota Aleppo dan sekitarnya ini akhirnya ditutup setelah bangunan tersebut porak-poranda akibat dibombardir dua kali dalam sepekan.

Rumah sakit yang terletak di utara Suriah ini ditutup tanpa batas waktu yang ditentukan setelah menjadi sasaran roket dan bom barel yang dijatuhkan helikopter pemerintah.

Sebuah kelompok kemanusiaan internasional, Doctors Without Borders (MSF) mengatakan pada hari Senin (4/5) bahwa rumah sakit al-Sakhour, yang melayani sekitar 400.000 orang adalah satu-satunya rumah sakit di Aleppo timur.

“Tidak jelas kapan atau apakah rumah sakit akan operasi lagi, kondisinya sangat rusak parah,” kata MSF dalam pernyataannya yang dikutip aljazeera.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), hujan bom barel menimpa rumah sakit dan sekitarnya pada tanggal 28 April dan 30. Tampak jelas bahwa Pemerintah Suriah memang menargetkan rumah sakit tersebut sebagai sasaran bombardir.

Kelompok pemantau yang berbasis di Inggris ini telah mendokumentasikan total lebih dari 11.000 serangan udara yang dilakukan oleh pesawat-pesawat tempur rezim di seluruh negara itu sejak awal tahun ini. (SAN)

Komentar

komentar