Ribuan Umat Islam Ramaikan Parade Tauhid di Solo

Parade Tauhid
Pawai Parade Tauhid yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah (foto: kiblat.net)

Depokpos – Ribuan elemen umat Islam dari berbagai organisasi, Sabtu pagi (16/05), tumpah ruah di jalan Slamet Riyadi, jalan utama kota Solo, Jawa Tengah. Mereka menyambut seruan untuk menghadiri Parade Tauhid, yang digelar oleh Dewan Syariah kota Surakarta, bersama Majlis Ulama Indonesia (MUI) Solo Raya.

Pantauan Kiblat.net di lapangan, massa sudah berkumpul seusai shalat Subuh. Mereka berkumpul di lapangan kota Barat, sebelum akhirnya menggelar parade.

Massa membawa berbagai atribut dan slogan yang bertuliskan kalimat tauhid “Lailaha Illallah Muhammadurrasulullah”. Poster-poster bernada dakwah juga menghiasi kerumunan umat Islam tersebut.

BACA JUGA:  Pemuncak Sayembara Cerpen dan Puisi Rakyat Sumbar Tingkat Nasional 2017 Diumumkan

Setelah dibuka secara simbolis, umat Islam bergerak menyusuri jalan Slamet Riyadi. Barisan awal diisi oleh barisan kuda, selanjutnya diikuti oleh kaum muslimin yang berjalan beriringan memenuhi jalan.

Tampak di sebelah selatan jalan terbentang bendera tauhid sepanjang 2,5 km. Di sisi lain, satgas-satgas dari elemen umat Islam memberi arahan, untuk mengatur barisan agar tertib.

Di jalur lambat, barisan putri pun ikut meramaikan. Masyarakat yang menyaksikan pun tampak antusias. Aparat keamanan yang berjaga-jaga juga terlihat tenang, tanpa ada rasa kekhawatiran.

BACA JUGA:  RS Baznas Parimo Rampung, Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Massa terlihat menyemut dari Perempatan Gendengan hingga Bunderan Gladak, di jalan Slamet Riyadi. Iring-iringan ribuan umat Islam itu tidak terputus-putus.

Parade ini diikuti dari berbagai organisasi Islam dan pondok pesantren di Solo Raya. Terlihat bendara organisasi MUI, NU, Muhammadiyah, Majelis Tafsir Al-Quran dan lainnya menghiasi parade tersebut. ( )

Sumber: kiblat.net
Editor: MI

Komentar

komentar