Mensos: Ada 5.900 Perkara Anak yang Ditelantarkan di Indonesia

Mensos
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa

Depokpos – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa menyatakan, kasus penelantaran anak di Cibubur, hanyalah satu dari ribuan kasus anak ditelantarkan orangtuanya. Menurut Khofifah, berdasarkan data di Kementeriannya, saat ini ada 4,1 juta anak terlantar dan 34 ribu anak jalanan di seluruh Indonesia.

“Itu Data dari Pusdatin Kemensos segitu, sedangkan balita terlantar ada 1,2 juta dan anak jalanan ada 34 ribu,” kata Khofifah melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (15/5).

Khofifah mengatakan, untuk kasus seperti yang menimpa AD (8), dan ke-empat saudara perempuannya, yakni yang ditelantarkan orangtuanya tercatat ada 5.900 perkara serupa. Sementara anak yang bermasalah dengan hukum, sekira 3.600 orang.

BACA JUGA:  RS Baznas Parimo Rampung, Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Karenanya, Khofifah meminta, agar pemetaan masalah ditiap regional Dinas Sosial (Dinsos) dilakukan dengan serius. Dirinya menginginkan, agar nantinya RAPBN dan RAPBD setempat dapat melakukan pembagian biaya untuk menangani persoalan anak.

“Region barat sudah minggu lalu, tengah kemarin penutupan, timur 21 Mei besok di Makasar. Saya minta Dinsos lakukan pemetaan. Kalau sudah maka intervensi lebih terang, RAPBN, RAPBD bisa share bugjeting,” tambahnya.

Setelah pemetaan tersebut, Khofifah berharap, pemerintah mendapatkan data yang lebih komprehensif terkait kategori anak terlantar. Khusus kasus AD dan keempat saudaranya, dia menilai, adanya kecenderungan tanggung jawab orang tua yang tereduksi. (mi)

BACA JUGA:  Pemuncak Sayembara Cerpen dan Puisi Rakyat Sumbar Tingkat Nasional 2017 Diumumkan

Komentar

komentar