Jaringan Pengedar 2 Ton Ganja Dibongkar, 4 Orang Ditangkap di Depok

2 ton ganja
Polisi memeriksa barang bukti Sebanyak 2 ton ganja yang akan dimusnahkan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Senin (11/5) | Agung Natanael / SH / Str

Depokpos – Di Sukmajaya, Depok, tim dari Direktorat IV Narkoba bekerja sama dengan Satuan Narkoba Polres Jakarta Selatan menangkap empat tersangka bernama Sudaryatno, Jayadi, Ponto, dan Ikbal. Dari tangan mereka, petugas mengamankan 200 kilogram ganja kering.

Jaringan bandar di Sukmajaya ini terungkap ketika pada April lalu petugas menangkap seorang tersangka bernama Joni di Pasar Baru, Jakarta Pusat, dengan barang bukti 10 kilogram ganja. Berawal dari pemeriksaan ini, dua tersangka lain bernama Abdullah dan Rosyid ditangkap di pintu Tol Slipi.

BACA JUGA:  Pemuncak Sayembara Cerpen dan Puisi Rakyat Sumbar Tingkat Nasional 2017 Diumumkan

Dari truk Fuso berwarna putih dengan nomor polisi BK 9224 CH yang dikendarai kedua tersangka, ditemukan muatan ganja seberat 1 ton 40 kilogram. Tak berhenti di situ, petugas kembali melakukan pengembangan hingga keluar kota Jakarta.

Di lokasi berbeda, tepatnya di Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Palembang, Tim Direktorat IV Narkoba bersama Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat menangkap dua tersangka bernama Syahbudin dan Mouhammad Saleh. Mereka menyimpan 540 kilogram ganja. Keduanya masih dalam jaringan yang sama.

“Total ganja disita seberat 2 ton dari kelompok jaringan Aceh ini dengan nilai Rp 6,4 miliar. Ganja yang berasal dari Aceh dibawa lewat jalur darat dan rencananya di-drop terlebih dahulu di sebuah gudang di Sukabumi sebelum disebarkan,” kata Anjan di lapangan Mabes Bayangkara, Senin.

BACA JUGA:  Tak Pandang Usia, Para Murid Perguruan Islam Al Syukro Universal Bantu Rohingya

Kasubdit V Direktorat IV Narkoba, Kombes Kus Hartono, membeberkan tersangka juga melakukan dropping ke wilayah penyangga Jakarta, seperti Bekasi, Tanggerang, dan Depok dengan menggunakan mobil.

Hasil pemeriksaan terhadap tersangka, pengiriman dari Aceh setidaknya telah berlangsung dua kali di mana pada pengiriman pertama para tersangka membawa sekitar 1 ton ganja.

Direktorat IV Narkoba Bareskrim Mabes Polri mengungkap sindikat peredaran narkoba jaringan Aceh dengan barang bukti seberat 2 ton ganja. Direktur Narkoba Mabes Polri, Brigjen Anjan Pramuka Putra, Senin (11/5), didampingi Wadir Narkoba Mabes Polri, Kombes Nugroho Aji, mengungkapkan bahwa pihaknya menangkap tujuh tersangka jaringan ini. Ditaksir nilai ganja ini mencapai lebih dari Rp 6 miliar. (mi)

BACA JUGA:  Gelora Literasi 500 Siswa Sekolah di Bumi Sangkabulan

Komentar

komentar