Jamkesda Akan Dilebur BPJS, Pemkot Depok Bakal Kewalahan

Depokpos – Pemerintah Kota Depok rencananya akan melebur sistem jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Kedepannya, rencana ini dipastikan akan membuat anggaran untuk membayar BPJS mengalami pembengkakan.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (4/5), Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad mengatakan, jika program Jamkesda dilebur ke BPJS akan terjadi pembengkakan untuk membayar iuran BPJS.

“Jumlah warga miskin di Depok sekira 40.000 jika Jamkesda dan BPJS dilebur maka akan membuat kas daerah membengkak hingga Rp 380 miliar hanya untuk iuran BPJS,” kata Idris yang namanya masuk kedalam bursa calon Walikota Depok ini.

Idris menegaskan bahwa nantinya Jamkesda sudah tidak digulirkan kembali dan beralih ke BPJS. Dalam waktu dekat, lanjut Idris, pihaknya akan mencoba melakukan komunikasi ulang ke Kementerian Kesehatan terkait hal itu. Karena bila dilebur, Pemkot Depok pastinya akan kewalahan, apalagi Depok bukanlah daerah kaya sumber daya alam.

Ketika masih menggunakan sistem Jamkesda, Pemkot Depok hanya mengeluarkan Rp18 miliar untuk membayar klaim dari sejumlah rumah sakit. (mi)

Komentar

komentar