Ini Kunci Sukses Barcelona Selain Faktor Messi

Barcelona new player

Depokpos – Sukses Barcelona merebut gelar La Liga ke-23 tidak lepas dari tepatnya pembelian pemain yang dilakukan manajemen Azulgrana. Masuknya pemain baru yang tepat menjadi kunci sukses Barcelona di pentas La Liga musim ini.

Selain kebangkitan Lionel Messi, kunci sukses Barcelona menjuarai La Liga itu tidak lepas dari kontribusi yang diberikan para pemain baru mereka.

Luiz Suarez

Pemain anyar yang menjadi kunci sukses Barcelona adalah Luis Suarez. Striker yang diboyong dari Liverpool dengan harga 81 juta euro itu awalnya memang mengalami kesulitan untuk beradaptasi.

Karena harus menunggu melakoni debut hingga 25 Oktober 2015 akibat hukuman yang diterimanya, Suarez sempat mengalami kesulitan menyesuaikan diri main bersama Messi dan Neymar.

Namun, perlahan tapi pasti, Suarez berhasil beradaptasi, terutama di paruh kedua musim. Suarez saat ini sudah mencetak 16 gol dari 30 penampilan di La Liga. Kolaborasinya dengan Messi dan Neymar telah menghasilkan 79 gol untuk Barcelona di La Liga dan menjadikan trio ini menjadi yang paling ditakuti barisan pertahanan lawan.

Ivan Rakitic

Pemain baru kedua yang memberikan kontribusi penting adalah gelandang Ivan Rakitic. Kehadiran pemain asal Kroasia itu bahkan mampu menggeser posisi kapten tim, Xavi Hernandez, dari tim inti.

Sebelum kedatangan Rakitic, Xavi dan Andres Iniesta adalah duet lini tengah Barcelona yang tidak tergantikan. Namun, kedatangan Rakitic membuat Xavi dan Iniesta hanya tampil bersama empat kali di La Liga musim ini.

Rakitic terbilang mudah beradaptasi. Penampilan pemain yang dibeli dari Sevilla itu sangat dinamis, cocok dengan permainan Barcelona di bawah asuhan Luis Enrique. Total Rakitic sudah tampil sebagai starter di 31 pertandingan La Liga musim ini.

Claudio Bravo

Claudio Bravo, dibeli dari Real Sociedad dengan harga 12 juta euro, Bravo membuktikan mampu menggantikan peran Victor Valdes yang memutuskan untuk hengkang.

Di bawah penjagaan Bravo, gawang Barcelona berada di tangan yang aman. Kiper asal Chile itu bahkan nyaris tanpa cela. Hingga 37 pertandingan, gawang Barcelona hanya kebobolan 19 gol.

Itu adalah rekor kebobolan paling sedikit dalam sejarah Barcelona dengan format La Liga 20 tim. Sepanjang musim ini, Bravo berhasil melakukan 23 clean sheet, dengan rata-rata hanya 0,5 kebobolan per pertandingan.

Masih ada dua pemain baru lainnya yang tidak bisa dilupakan kontribusinya oleh fans Barcelona, mereka adalah kiper Marc-Andre ter Stegen dan bek Jeremy Mathieu.

Penampilan impresif Ter Stegen di pentas Liga Champions membuat Bravo bisa fokus bermain di La Liga. Sementara Mathieu memberikan kedalaman skuat di lini belakang, Barcelona, yang selama ini lebih sering mengandalkan duet Javier Mascherano dan Gerard Pique. (mi)

 

Komentar

komentar