HASI Salurkan Bantuan Untuk Pengungsi Rohingya

Pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya

Depokpos – Kabar terdamparnya ribuan pengungsi Rohingnya di sepanjang pantai timur provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara mengejutkan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Mereka di pantai Indonesia setelah terombang-ambing selama berminggu-minggu di tengah laut, tanpa minuman dan makanan.

Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI), selaku salah satu lembaga kemanusiaan di Indonesia segera merespon kabar tersebut.  Bantuan makanan kemanusiaan tanggap darurat segera dikirim kepada minoritas Muslim yang diusir dari kampung halamannya oleh pemerintah itu.

Bantuan pertama HASI difokuskan bagi para pengungsi yang terdampar di pantai Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mereka yang berjumlah 100 orang-orang terdampar setelah terkatung-katung di laut dengan kapal kayu.

BACA JUGA:  Pemuncak Sayembara Cerpen dan Puisi Rakyat Sumbar Tingkat Nasional 2017 Diumumkan

“Bantuan kepada para pengungsi Rohingnya berupa makanan yang kita sediakan untuk mereka 3 kali sehari selama di tampung di Puskesmas Pangkalan Susu,” kata HASI dalam pernyataannya yang diterima depokpos, Rabu (20/05).

Puluhan pengungsi yang mayoritas dalam kondisi sakit akibat kurang asupan makanan itu ditemukan oleh nelayan setempat bernama Rusli pada koordinat 05 04′ 50″ LU dan 09 82′ 50″ LS. Warga Pangkalan Susu ini kemudian menarik kapal para pengungsi ke pantai Pangkalan Susu.

Mereka yang menggunakan empat perahu itu segera dievakuasi ke Puskesmas Pangkalan Susu untuk mendapatkan perawatan medis sekaligus menjadi penampungan sementara. Para tenaga medis Puskesmas Pangkalan Susu telah memeriksa kesehatan mereka.

BACA JUGA:  Tak Pandang Usia, Para Murid Perguruan Islam Al Syukro Universal Bantu Rohingya

“Salah satu hambatan yang dialami warga dan relawan kami di lapangan adalah kesulitan komunikasi karena para pengungsi tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris atau Melayu,” kata HASI.

Pada Selasa pagi (19/5), para pengungsi ini dipindahkan ke penampungan imigrasi kota Medan atas kerjasama aparat pemerintah setempat dan International Organization of Migration (IOM).

HASI menambahkan pada Rabu pagi (20/5), pihaknya kembali mendapat kabar ada sebanyak 500 pengungsi Rohingnya kembali terdampar. Mereka ditemukan para nelayan terombang-ambing di tengah laut lepas  dan ditarik pantai Kuala Julok, Aceh Timur. Sampai kabar ini disampaikan, 500 orang pengungsi Rohingya di Kuala Julok itu belum mendapatkan bantuan yang cukup baik dari aparat pemerintah setempat maupun lembaga-lembaga kemanusiaan.

BACA JUGA:  Gelora Literasi 500 Siswa Sekolah di Bumi Sangkabulan

Oleh karena itu, HASI mengajak umat Islam menunjukkan kepedulian dan ikatan tali persaudaraan sesama Muslim kepada para pengungsi Rohingya itu. Anda bisa menyalurkan bantuan melalui nomor rekening di bawah ini:

Bank Syariah Mandiri
No rekening 7047 088784
a/n Hilal Ahmar Yayasan.

Komentar

komentar