Freedom Flotilla 3 Penembus Blokade Gaza Bertolak dari Swedia

Freedom Flotilla 3
Freedom Flotilla 3

Depokpos – Kampanye Eropa anti Blokade Gaza menyatakan, kapal aliansi internasional yang tergabung dalam Freedom Flotilla 3 akan bertolak berangkat melalui ke Jalur Gaza pada musim panas ini, bertepatan dengan peringatan ke-5 peristiwa pembantaian Israel terhadap kapal Mavi Marmara pada Mei 2010.

Kampanye Eropa menegaskan dalam keterangan persnya hari ini Selasa (12/5) yang salinannya diterima oleh Pusat Informasi Palestina bahwa kapal Swedia – Norwegia telah bertolak kemarin Ahad (10/5) dari pelabuhan Swedia ke pelabuhan Helsenburh untuk bergabung dengan rombongan kapal Freedom Flotilla 3 untuk menembus blockade Gaza melalui laut.

Kapal ini akan bertolak menuju pelabuhan Malamo Swedia kemudian ke Copenhagen Denmakr dari sana kemudian akan menempuh perjalanan sejauh 5000 mil laut ke timur laut Meditrania.

Kapal pertama dari rombongan Freedom Flotilla 3 akan berhenti di sejumlah pelabuhan Eropa sebelum bergabung dengan kapal-kapal lainnya.

Sebelumnya, kapal Freedom Flotilla yang dipimpin oleh kapal Mavi Marmara Turki telah bertolak ke Gaza pada Mei 2010. Namun Israel menyerangnya dari laut dan udara sehingga sebanyak 10 aktivis tewas dan lainnya luka-luka.

Di sisi lain, ketua Kampanye Eropa Anti Blokade Gaza Mazin Kahel mengatakan, usaha dunia internasional akan terus berlanjut untuk menembus Gaza yang diblokade sejak 9 tahun lalu dan untuk mengurangi derita warga Palestina di sana.

Kahel menegaskan, upaya Eropa bertujuan meletakkan masyarakat internasional menunaikan tanggungjawabnya mengembalikan agenda pembebasan Jalur Gaza dari blockade sebagai agenda politik mereka. ( )

Sumber: infopalestina.com

Komentar

komentar