Depok Waspadai Peredaran Beras Plastik

beras plastikDepokpos – Maraknya peredaran beras pplastik dibeberapa wilayah seputar jekarta, membuat Pemerintah Kota Depok merasa perlu untuk mengantisipasi hal tersebut. Bahkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok telah melakukan monitoring ke beberapa pasar tradisional dan toko beras.

“Petugas telah kami minta untuk melakukan monitoring ke beberapa pasar terutama bagi penjual beras. Monitoring ini rutin kami lakukan setiap seminggu dua kali,” ujar Kabid Perdagangan Disperindag Kota Depok, Martinho, Kamis (21/5).

Martinho menambahkan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait adanya beras plastik yang dijual di wilayah Depok. Namun begitu, dirinya meminta kepada masyarakat jika menemukan hal tersebut agar melaporkan kepada pihaknya.

“Ciri-cirinya beras tersebut ringan. Kami juga meminta kepada para pedagang agar dapat memperhatikan kondisi itu. Jika menemukan hal tersebut segera laporkan kepada kami,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Disperindag Kota Depok, M Refa Setiawan. Dirinya menjelaskan, persoalan tersebut harus dilihat terlebih dahulu dari hulu ke hilirnya.

Tak hanya itu, ia juga harus menerima bukti otentik dan laporan dari konsumen. Senada dengan Martinho, jika pihaknya menemukan kasus itu di Depok pihaknya akan melakukan koordinasi dengan intansi terkait seperti bagian perdagangan, pertanian, ekonomi untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Kami dari dulu mensosialisasikan kepada masyarakat agar pintar dan cerdas dalam memilih dan membeli produk, tidak hanya beras dalam hal ini namun barang kebutuhan lainnya,” tandasnya.

Salah satu contoh kecil, lanjutnya, ketika masyarakat berbelanja ke pusat perbelanjaan dan mini market jarang sekali mereka memperhatikan masa kadaluarsa dari barang yang mereka beli. Dari itu, pihaknya berharap sebelum masyarakat membeli produk apapun dapat menelitinya terlebih dahulu. (mi)

Komentar

komentar