Bus Transjabodetabek Segera Layani Warga Depok

Bus Transjabodetabek
Bus Transjabodetabek

Depokpos – Setelah pada Oktober lalu mulai melayani warga Tangerang Selatan, tak lama lagi layanan bus transjabodetabek akan mulai melayani warga Depok, Bogor, dan Tangerang.

Seperti halnya dengan rute dari Tangerang Selatan, layanan bus transjabodetabek dari Depok, Bekasi, dan Tangerang akan dioperasikan oleh Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD). Total ada sekitar 78 unit bus transjabodetabek yang akan disebar untuk dioperasikan di tiga wilayah tersebut.

“Ada 78 unit merek Hino untuk rute Depok, Bekasi, dan Poris Plawad (Tangerang). Saat ini, masih dalam proses pengurusan surat-surat,” kata Perum PPD Pande Putu Yasa, Kamis (14/5/2015), dikutip dari kompas.

Menurut Pande, tarif transjabodetabek yang akan diberlakukan untuk rute dari Depok, Bekasi, dan Tangerang sama seperti rute dari Tangerang Selatan. Penumpang akan dikenakan tarif Rp 7.000. Dengan besaran harga tersebut, penumpang tidak perlu lagi mengeluarkan uang bila ingin meneruskan perjalanan dengan bus transjakarta.

“Kalau dari transjakarta mau ke transjabodetabek, penumpang tinggal nambah Rp 3.500. Jadi, kalau dihitung-hitung, tetap Rp 7.000 juga. Tapi, kita masih mengkaji, sebab kalau rutenya lebih dari 30 kilometer, mungkin nanti bisa Rp 10.000,” ujar Pande.

Transjabodetabek adalah layanan bus yang merupakan program dari Kementerian Perhubungan. Layanan bus dirancang untuk melayani warga dari kota-kota penyangga yang sehari-hari beraktivitas di Jakarta. Berbeda dengan layanan bus angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB), bus-bus transjabodetabek tidak masuk jalur bus transjakarta.

Untuk Depok, ia menjelaskan bus nantinya akan melayani penumpang dari Terminal Depok hingga halte UKI Cawang, yang merupakan halte yang dilalui oleh bus transjakarta Koridor VII, IX, dan X.

“Bus berangkat dari Terminal Depok, lewat Tol Cijago, Tol Jagorawi, berhenti di Cawang,” ujarnya. (mi)

Komentar

komentar