72 WNA Ilegal Terjaring Razia Petugas Imigrasi Kota Depok

Sebagian besar yang terjaring adalah warga negara Ethiopia. (mi/depokpos)
Sebagian besar yang terjaring adalah warga negara Ethiopia. (mi/depokpos)

Depokpos – Setelah pada hari Selasa (5/5) terjaring sepuluh Warga Negara Asing (WNA) dari beberapa perusahaan diwilayah Depok, hari ini, Rabu (6/5), Petugas Kantor Imigrasi Kota Depok kembali merazia beberapa lokasi yang ditenggarai menjadi tempat berkumpulnya WNA ilegal.

Dari hasil operasi yang dilakukan Petugas Kantor Imigrasi Kota Depok,  yang diberi nama Operasi Bumi Pura Wira Wibawa, hari ini saja terjaring 72 orang WNA ilegal  yang tersebar dibeberapa lokasi di Kota Depok.

Dari 72 orang yang terjaring razia hari ini, sebagian besar adalah Warga Negara Ethiopia yang berjumlah 58 orang. Dari 58 orang ini, 5 diantaranya adalah pengungsi dan 53 lainnya berstatus pencari suaka.

Dudi Iskandar saat memberi keterangan pada wartawan. (mi/depokpos)
Dudi Iskandar saat memberi keterangan pada wartawan. (mi/depokpos)

Dalam keterangannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok, Dudi Iskandar, mengatakan operasi akan dilakukan terus hingga batas waktu yang ditentukan

“Ini yang akan kami selidiki lebih dalam. Kami menduga, kebanyakan dari mereka izinnya tidak sesuai. Sebelumnya, kami juga sudah mendeportasi WNA asal Ethiopia sebanyak 11 orang karena terbukti tidak memiliki izin yang sah atau menyalahi aturan,” papar Dudi.

Terkait maraknya keberadaan orang asing di wilayah Depok, Ia juga menghimbau agar Pemerintah Kota Depok mengatur lebih tegas keberadaan Imigran ini.

“Pemkot Depok harus mulai memperhatikan keberadaan orang asing di kota ini, jangan sampai Depok jadi surganya imigran gelap. Kami khawatir, ada potensi masalah yang ditimbulkan oleh mereka yang tak memiliki izin atau dokumen resmi,” pungkasnya. (mi)

 

Komentar

komentar