Wow! Mahasiswa UI Ciptakan Keju Berbahan Dasar Singkong

mahasiswa UI

DEPOKPOS – Keju sejatinya terbuat dari susu murni. Tapi kalau keju terbuat dari singkong, itu baru luar biasa. Ternyata inovasi tersebut diciptakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok. Beberapa waktu lalu (12 April 2015), Tim Cheesava dari Jurusan Teknik Kimia UI mengikuti kompetisi produk inovatif tingkat internasional di Malaysia.

Seperti disampaikan Humas UI, Tim Cheesava dari Jurusan Teknik Kimia UI yang terdiri dari Sri Ayu Lestari, Anifah Saeful Pranata, dan Kirstie Imelda Majesty, berhasil meraih 1st winner dengan predikat Best Innovation Award dalam ajang International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx) 2015, Dalam kompetisi ini Tim Cheesava membawakan produk inovasi berupa keju sintetik berbahan dasar singkong. Keju dibuat dari singkong tanpa melalui proses fermentasi hingga memiliki rasa, warna, dan tekstur yang menyerupai keju asli.

BACA JUGA:  Penggantian Antar Waktu (PAW), Rudi Setiawan Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Depok

IBCEx merupakan sebuah kompetisi inovasi produk tingkat internasional di bidang bioteknologi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Bioproses Universiti Teknologi Malaysia (BIOSS UTM). Tema yang dibawakan pada kompetisi tahun ini adalah “Innnovation for Competitive and Dynamic Generation.”

Di ajang yang sama, Tim Vlakes yang juga dari Teknik Kimia UI, berhasil  berhasil meraih prestasi runner up dengan predikat Best Presentation Award dalam ajang International Biotechnology Competition and Exhibition (IBCEx) 2015. Presentasi oleh Tim Vlakes menjadi basis percontohan presentasi produk oleh juri untuk tim delegasi dari universitas dan negara lain.

BACA JUGA:  Peringati Tahun Baru Islam, Wali Kota Sumbang Rp100 Juta Untuk Palestina

Melalui kompetisi produk inovasi mahasiswa ini diharapkan dapat membangun jiwa kreatif, inovatif, dan kompetitif para pemuda di bidang bioteknologi sehingga mampu menghasilkan produk bioteknologi yang memiliki pengaruh positif yang luas bagi masyarakat dunia. (Adhes Satria)

Komentar

komentar