Shalat Taubat, Gimana Sih Caranya?

Ilustrasi

Shalat taubat merupakan shalat sunnat yang dilkerjakan oleh seseorang yang pada waktu lampau pernah melakukan perbuatan maksiat atau dosa dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Hukum mengerjakan shalat sunnat taubat adalah sunnah Mu’akkad. Maksudnya yaitu sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan untuk seseorang yang telah berbuat dosa atau pun maksiat.

“Tidak ada orang yang pernah berbuat dosa, kemudian bergerak dan segera berwudhu, lalu mengerjakan shalat selanjutnya memohon ampunan kepada Allah, kecuali (Allah) pasti akan memberikan ampunan baginya,” (HR. Imam Abu Dawud, Nasa’I, Ibnu Majah dan Imam Baihaqi)

BACA JUGA:  Antara Sikap Tegas dan Marah

Shalat sunnat Taubat bermanfaat untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah kita perbuat. dengan harapan semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa kita tersebut dan sebagai peringatan diri kita untuk tidak mengulangi perbuatan maksiat dan dosa seperti itu lagi.

Tata Cara Mengerjakan Shalat Taubat

Tata cara mengerjakan shalat sunnat taubat yaitu sama halnya mengerjakan shalat shlat sunnat lainnya, akan tetapi niatnya yang berbeda. Jika Anda termasuk yang mengamalkan pembacaan niat, di bawah ini adalah lafazh niat shalat sunnat Taubat :

BACA JUGA:  Kemuliaan di Penghujung Malam

“Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’aalaa. Allahu Akbar.” Artinya : “Saya berniat shalat sunnat Taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.” Allahu alam bishawwab.

Bilangan Rakaat Shalat Taubat

Jumlah rakaat shalat sunnah Taubat yaitu paling sedikit dua rakaat dan paling banyak enam rakaat. ( )

Sumber: Rumaysho.com
Editor: MI

Komentar

komentar