PSSI Dibekukan, Indonesia Terancam Sangsi FIFA

Langkah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membekukan PSSI saat induk organisasi sepak bola Indonesia itu sedang melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya, Jawa Timur, dinilai tidak tepat dan berpotensi  mendapatkan sangsi FIFA mengingat langkah ini bisa dikategorikan kedalam intervensi pemerintah.

Sebelumnya FIFA sudah pernah mengultimatum Menpora, Indonesia bisa saja menerima sanksi. Bila itu terjadi, Persipura Jayapura yang tengah memimpin klasemen di babak grup Piala AFC akan terkena imbasnya.

Sekretaris Persipura Jayapura, Rocky Babena, mengkhawatirkan nasib timnya karena kisruh antara pemerintah dan PSSI. Pasalnya, FIFA berpotensi menjatuhi sanksi kepada Indonesia mengingat intervensi pemerintah ini.

“Kami Persipura pantang untuk keluar dari aturan. Kami pernah mengalami hal ini. Kalau itu terulang, siapa yang mau tanggung jawab,” ucap Rocky pada sela Kongres Luar Biasa di Surabaya, Sabtu (18/4/2015).

Rocky menambahkan, “Persipura ini sudah berjuang di AFC, sudah tinggal sisa dua pertandingan di grup. Kami pun sudah keluar biaya. Kalau nanti kita sampai kena sanksi, lalu nasib kami bagaimana?”

Selain Persipura, Persib Bandung juga terkena imbasnya. Juara Indonesia Super League tahun lalu itu juga berkiprah di AFC Cup musim ini. (mi/depokpos)

Komentar

komentar