Peneliti: Kacang Tanah Terbukti Bantu Kesehatan Jantung

DEPOKPOS – Kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, selama ini disebut-sebut termasuk dalam daftar makanan yang sarat lemak. Padahal studi terbaru justru menunjukkan bahwa asupan ini termasuk jenis makanan yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University ini menyebutkan kebiasaan makan kacang merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar trigliserida dan membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

“Kacang tanah adalah camilan sehat bila dimakan sebagai bagian dari diet yang sehat,” ungkap pemimpin peneliti ini, Xiaoran Liu, dari Pennsylvania State University.

BACA JUGA:  Cara Alami Mengatasi Karang Gigi

Untuk penelitian ini, tim peneliti melakukan pengamatan pada 15 responden yang mengalami kelebihan berat badan. Setengah dari mereka mengonsumsi tiga ons kacang tanah dalam bentuk minuman shake, sementara setengah lainnya diberi minuman tanpa kandungan kacang.

Hasil penelitian menunjukkan orang-orang yang mengonsumsi minuman olahan kacang memiliki profil yang lebih sehat dari lemak darah, gula darah, dan kadar insulin. Selain itu, mereka juga memiliki fungsi pembuluh darah yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang lebih dari dua kali seminggu memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung koroner,” kata Liu, seperti dikutip dari News Max Health, Minggu (5/4/2015).

BACA JUGA:  Cara Alami Mengatasi Kutu Air

Nah, Liu melanjutkan bahwa studi kali ini menunjukkan bahwa efek perlindungan dari konsumsi kacang benar-benar bisa menguntungkan terhadap kesehatan pembuluh darah. (mi/depokpos)

*Detik Health

Komentar

komentar