Pemkot Rencanakan Akan Bangun Techno Park dan Wisata Ikan Hias

DEPOKPOS – Bertempat di ruang kerja lantai 2 Balaikota, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias (Balitbangdias) beberapa waktu lalu melakukan Audiensi rencana pembangunan Techno Park dan Wisata Ikan Hias dengan Pemerintah Kota Depok.  Upaya ini dilakukan untuk mengkoordinasikan dukungan Pemkot Depok terhadap program Techno Park dan Wisata ikan hias yang akan dibangun dikawasan Balitbangdias.

Techno Park disinyalir akan menciptakan Ekonomi Kreatif kota Depok,  yaitu konsep Bisnis ikan hias, Pelayanan, Inkubasi, Empowering SDM dan Sinergi serta akses perbankan.

Fungsi dari Techno park ini nantinya akan menjadi tempat Inkubasi, Penelitian dan Pengembangan sekaligus sebagai sentra bisnis. Dimana dalam Inkubasi harus dikembangkan bersama dengan Pemerintah Daerah dan diharapkan akan ada Pendidikan tinggi yang ikut serta. Sedangkan wisata ikan hias  bertujuan sebagai indeks kebahagiaan masyarakat.

“Dari 100 yang diproyeksikan Pak Presiden, KKP mendapat tugas membangun 24 kawasan technopark. Dilingkup Balitbang KP sendiri diberi amanah sebanyak 20 technopark, salah satunya akan dibangun di kawasan Balitbangdias kota Depok”, ungkap Kepala Badan Litbang KP, Achmad Poernomo.

Menanggapi hasil paparan dan diskusi dengan KKP, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il dan komisi DPRD kota Depok mengungkapkan akan mendukung penuh program Techno Park dan Wisata Ikan Hias. Sebagai langkah kongkrit,  Pemkot Depok akan membentuk tim   khusus dengan koordinator Bappeda untuk merealisasikan  pembebasan akses jalan masuk ke lokasi dan pengembangan wisata ikan hias serta penanaman pohon dengan konsep kawasan terbuka hijau di area Balitbangdias oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH). Adapun seluruh rencana ini akan dibiayai dari APBD-P 2015 atau alternatif dana TA 2016.

Audiensi yang dilakukan pada akhir maret lalu ini dihadiri oleh Walikota Depok, Komisi B DPRD, Bappeda, Kepala Dinas terkait, Kepala Badan Litbang KP, Kapus Litbang PB, Kepala Balitbangdias, struktural peneliti dan staff Balitbangdias. (mi/depokpos)

Sumber : Balai Penelitian dan Pengembangan Ikan Hias, Depok

Komentar

komentar