Korban Gempa Nepal Diperkirakan Capai 10 Ribu Jiwa

04719921_hgj18v

 

Nepal (depokpos), Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,9 SR di Nepal, saat ini telah mencapai 4.349 dengan lebih dari tujuh ribu korban luka.

Jumlah ini bisa saja naik dan mencapai 10 ribu jiwa, mengingat perubahan jumlah yang sangat segnifikan dalam dua hari terakhir.

Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala.
Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala.

“Jumlah korban tewas bisa naik ke 10 ribu karena informasi dari desa-desa terpencil yang terkena gempa belum masuk,” kata Perdana Menteri Nepal Sushil Koirala, dilansir Reuters Selasa (28/4).

Sayangnya, banyaknya korban jiwa dan luka tidak membuat pemerintah Nepal memberi bantuannya dengan cepat. Warga Nepal dibuat frustasi dengan respon pemerintah yang hanya menggunakan tangan kosong untuk mencari korban di reruntuhan.

Namun, Koirala membantah hal tersebut. Menurutnya pemerintah telah melakukan yang terbaik untuk seluruh warganya. “Pemerintah melakukan semua yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan dan memberi bantuan pada keadaan ini,” ungkapnya.

PBB mengatakan, sebanyak delapan juta orang terkena dampak gempa dan 1,4 juta orang membutuhkan makanan. Bantuan internasional pun mulai tiba di Himalaya tiga hari setelah gempa terjadi. Namun, distribusi bantuan tersebut dirasa cukup lambat. (mi)

Komentar

komentar