Kapal Bermuatan 700 Imigran Libia Terbalik

Ilustrasi kapal tenggelam

Sebuah kapal nelayan yang membawa 700 imigran dari Libia terbalik di Laut Mediterania, lepas pantai Libia, 120 mil di selatan Pulau Lampedusa, Italia. Ratusan orang diduga tenggelam.

Petugas penyelamat dari Italia dan Malta menemukan sejumlah jenazah di sekitar perairan tersebut. Beberapa di antaranya adalah anak-anak.

Kapal nelayan tersebut diduga terbalik karena berat yang tak seimbang. Posisi para imigran yang berpindah dan tak tersebar merata menyebabkan kapal berat di salah satu sisi. Demikian dikutip Sky News, Minggu (19/4/2015)

28 Orang dikabarkan berhasil diselamatkan dalam peristiwa ini. Namun sumber lain menyatakan, jumlah yang selamat mencapai 150.

“Mereka benar-benar mencari korban selamat di antara jenazah yang mengambang di air,” kata seorang pejabat Italia, seperti dikutip dari laman Reuters.

Sepanjang tahun 2015 ini, setidaknya tercatat sudah 900 nyawa melayang setelah kapal para imigran terbalik saat berusaha meninggalkan Libia. Dengan peristiwa ini, jumlah imigran yang tewas sepanjang tahun ini diduga bakal mencapai 1.500 orang.

Konflik di Libia tak kunjung berhenti. Setelah penggulingan diktator Libia Muammar Khadafi pada 2011 lalu. (mi/depokpos)

Komentar

komentar