Hakim New York Perintahkan Angkutan Umum Pasang Iklan Anti Islam

Iklan Anti Islam
Salah satu bus yang memasang iklan anti Islam.

DEPOKPOS – John Koeltl, Seorang hakim federal Amerika Serikat (AS), Selasa, 21 April 2015, memerintahkan Otoritas Transportasi Metropolitan (MTA) New York, untuk menampilkan iklan yang mempropagandakan sikap anti Islam.

Hakim John Koeltl di Manhattan mengatakan dalam putusannya, bahwa iklan dari American Freedom Defense Initiative (AFDI), merupakan bagian dari kebebasan berbicara. Seperti dilaporkan aljazeera.

Iklan itu sebelumnya ditampilkan AFDI di Chicago dan San Francisco, namun kini telah menyebar di kota-kota besar lainnya termasuk di Washington DC.

Ada beberapa bentuk iklan dengan gambar dan tulisan beragam, salah satunya menyebut bahwa kebencian Islam pada Yahudi tertera dalam Al-Quran. Disebutkan juga bahwa dua pertiga dana bantuan AS diterima oleh negara-negara Muslim.

Diklaim untuk menghentikan kebencian, iklan yang justru bernada kebencian terhadap Islam itu justru disinyalir menyebarluaskan dan mempromosikan sikap permusuhan terhadap umat Islam. Iklan itu juga mendesak dihentikannya pemberian bantuan pada negara-negara Muslim.

Salah satu iklan lainnya menampilkan seorang pria yang menutup kepala dan wajahnya dengan syal dan diikuti dengan kutipan “Membunuh yahudi adalah ibadah yang membuat kita lebih dekat kepada Allah.” Iklan itu dinilai bertujuan memicu kebencian terhadap umat Muslim.

Juru bicara MTA Adam Lisberg mengatakan, mereka merasa sangat kecewa dengan putusan hakim dan sedang mempertimbangkan beberapa pilihan yang dapat mereka lakukan untuk tidak menayangkan iklan rasis tersebut. (mi/depokpos/aljazeera)

Komentar

komentar