Deddy Mizwar Angkat Jempol Untuk Belimbing Depok

Deddy Mizwar
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

DEPOKPOS, Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memuji petani Belimbing Dewa yang saat ini menjadi buah unggulan di Kota Depok. Salah satu petani belimbing ini adalah Nanang Yusup, yang juga merupakan pendiri Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Si Dewa.

Dengan keseluruhan lahan P4S Si Dewa seluas sekitar 2 hektare, Nanang dapat memanen belimbing hingga empat kali per tahunnya. Dalam satu tahun, tiap pohon belimbing mampu menghasilkan hingga 2 kwintal belimbing.

Rata-rata petani menjual belimbing dewa seharga Rp 15.000 per kilogram. Dengan demikian, aset yang dihasilkan dari satu pohon belimbing dalam satu tahun mencapai Rp 3.000.000.

BACA JUGA:  Penggantian Antar Waktu (PAW), Rudi Setiawan Dilantik Jadi Anggota DPRD Kota Depok

Nanang juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Untuk itu, dia terus melakukan pelatihan bagi masyarakat sekitar. Menurutnya, jika SDM memadai, maka pembudidayaan belimbing dewa dapat diperluas lagi.

Jika SDM sudah bagus, semua bisa kita kelola lebih jauh. Selain menyiapkan SDM, kita juga terus memperbanyak dan menyiapkan benih-benih belimbing,” ujarnya.

Menanggapi suksesnya panen belimbing ini, Deddy acungkan jempol. Menurutnya, potensi belimbing ini harus dikembangkan lebih jauh lagi. Apalagi, belimbing berukuran besar ini tergolong unik dan tidak semua daerah mampu menghasilkan belimbing sebaik belimbing dewa.

BACA JUGA:  Peringati Tahun Baru Islam, Wali Kota Sumbang Rp100 Juta Untuk Palestina

Saya kira harus ada kelembagaan yang mengelola bisnis ini,” ujar Deddy Mizwar belum lama ini. Harus ada juga pengembangan teknologi dari belimbing ini secara masif, sehingga masyarakat yang ada di sekitar sini betul-betul merasakan manfaat kehadiran belimbing ini.” (mi/depokpos)

Komentar

komentar