Canda Cerdas Bersama Ali bin Abi Thalib RA

Dengan tergesa-gesa lelaki itu menemui Sayyidina Ali RA. Datang tiba-tiba, ia hanya ingin meguji Ali RA dengan pertanyaan, “Kenapa banyak orang yang mengikuti Abu Bakar dan Umar, sedangkan pengikutmu sedikit?”

Sahabat Ali RA pun langsung menjawab, “Ya, karena aku dan pengikutku mengikuti keduanya, sedangkan kamu dan orang-orang sepertimu hanya mengikutiku saja”

Di lain waktu, orang itu kembali datang ke Ali RA dan bertanya, “Bukankah engkau sebaik-baik manusia?”

Dijawablah dengan santai oleh beliau, “Aku itu tidak seperti yang kamu kira, tapi yang jelas aku lebih baik dari dirimu.”

BACA JUGA:  Berbagi Nggak Ada Ruginya!

Dari dua kisah di atas terlihat, bahwa Sayyidina Ali RA adalah orang yang dianggap mulia. Namun, dari kemuliaan yang beliau miliki, tidak menyurutkan penghormatan kepada dua sahabat yang beliau muliakan. Maka sungguh mengherankan, jika ada golongan yang justru mencela keduanya. Ini menunjukkan, bahwa sesungguhnya mereka durhaka terhadap orang yang mereka muliakan.

Kisah di atas juga menunjukkan kepandaian beliau dalam menghadapi pengikutnya yang ghuluw (berlebihan – red). Jawaban cerdas nan singkat dapat digunakan untuk membantah dalih mereka. Sebagai tambahan, untuk menunjukkan kecerdasan beliau, dua hal berikut layak Anda baca.

BACA JUGA:  Menjaga Keikhlasan

Suatu hari Ali RA pernah ditanya, “Berapa jarak antara Timur dan Barat?”

“Sejauh jarak perjalanan matahari dari Barat ke Timur.” jawabnya ringan.

“Lantas, berapa jarak antara tanah dan Arsy?” Beliau jawab, “Sejauh jarak doa yang kamu panjatkan.”

Sumber: kiblat.net
Editor: Fathiya

Komentar

komentar