Bogor Lepaskan Aset PDAM Ke Depok Rp 21 Miliar

DEPOKPOS – Setelah 16 tahun Kota Depok terlepas dari bagian wilayah Bogor. Pemerintah Kabupaten Bogor akhirnya menyerahkan aset PDAM Tirta Kahuripan ke Pemkot Depok dengan nilai sekitar Rp21 miliar.

Bupati Bogor Nurhayanti menuturkan aset PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang diserhakan untuk dikelola oleh PDAM Tirta Asasta Depok antara lain sarana fisik, instalasi pengolahan air, gedung perkantoran hingga pegawai yang berlokasi di kawasan Depok.

“Sebetulnya penyerahan ini bisa dilakukan pada awal pemekaran Kota Depok terlepas dari Kabupaten Bogor. Tapi karena saat itu kondisi perusahaan belum memungkinkan dan takut rugi, jadi penyerahan diundur,” paparnya di Balaikota Depok saat penyerahan aset yang bertepatan dengan HUT Depok ke-16, Senin (27/4/2015).

Dia menuturkan kesepakatan kedua pihak dalam penyerahan aset PDAM Tirta Kahuripan dilakukan agar kedua perusahaan bisa berkembang. Saat ini saja, kata dia, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Depok lebih dari Rp600 miliar atau meningkat tajam dari sejak pemekaran Depok mencapai Rp4 miliar.

Nurhayanti menambahkan pihaknya dalam enam bulan ke depan akan mengusahakan agar sisa aset yang masih berada di Kabupaten Bogor bisa tuntas diserahkan ke Pemkot Depok. (mi)

Komentar

komentar