Angelina Jolie Kritik Kinerja DK PBB di Suriah

Angelina Jolie Syria
Angelina Jolie saat mengunjungi pengungsi Suriah. (foto UNHCR)

DEPOKPOS – Bintang Hollywood yang juga merupakan Utusan Khusus PBB untuk Urusan Pengungsi, Angelina Jolie, mengkritik Dewan Keamanan PBB yang gagal mencapai kesepakatan untuk mengakhiri konflik di Suriah.

“Kita tidak bisa memandang Suriah dan dampak dari ketidakpastian ini, lalu berkata ini bukanlah titik terendah dari ketidakmampuan dunia untuk melindungi dan membela rakyat yang tak bersalah,” kritik istri Brad Pitt itu saat memberikan briefing kepada Dewan Keamanan PBB mengenai krisis pengungsi di Suriah, sebagaimana dilansir Voanews (Sabtu, 25/4).

Jolie, yang telah 11 kali menyambangi pengungsi Suriah sejak konflik dimulai 2011, mengatakan Dewan Keamanan telah menyia-nyiakan wewenang mereka karena para anggotanya tidak dapat menyepakati bagaimana mereka akan menangani konflik tersebut.

Lebih lanjut, Jolie meminta menteri-menteri luar negeri dari 15 negara anggota untuk menegosiasikan solusi politik. Ia juga mendesak para anggota DK untuk mengunjungi para pengungsi Suriah dan menyaksikan krisis di sana dengan mata kepala sendiri. (mi/depokpos/RMOL)

Komentar

komentar